Tizen-chan kini menjadi maskot tidak resmi dari OS TIZEN


Tizen-chan (Tizenちゃん) adalah maskot karakter tidak resmi untuk OS TIZEN. Tujuan dari kehadirannya adalah untuk mempromosikan TIZEN. Tizen-chan adalah seorang siswi sekolah menengah pertama (SMP) yang didesain oleh Yosuke Kirihata dari komunitas TIZEN Jepang.

Tizen-chan sebelumnya adalah maskot karakter dari Tizen Japan Consortium (TJC) yang diresmikan pada 15 Desember 2013 saat berlangsungnya acara Super Study Meeting 2012 yang berlangsung di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Tizen-chan pertama kali diperkenalkan oleh Yuya Adachi (@moguriso) dan penciptanya Yosuke Kirihata (@fox_twitting) dari TJC saat berlangsungnya Kansai Open Source 2012 yang berlangsung pada 10 November 2012 di Osaka.

Sebagai maskot karakter dari komunitas TIZEN di Jepang, Tizen-chan banyak mengambil warna dan desain khas dari merk TIZEN dipadukan dengan karakter gadis anime yang kawaii dan ramah. Kalau kita lihat Tizen-chan menggunakan baju atau kostum dengan warna-warna yang bernuansa TIZEN. Begitu juga dengan logo Tizen Pinwheel yang digunakan sebagai aksesoris penjepit rambut dan bros.


Menurut penciptanya, Yosuke Kirihata, awalnya dia memberi warna kuning pada rambut Tizen-chan karena mengacu pada logo EFL yang berwarna kuning. Tapi kemudian dia melihat kalau merk TIZEN lebih banyak menggunakan warna abu-abu dan EFL ternyata juga menggunakan banyak variasi warna abu-abu. Buat yang ingin memberikan umpan balik untuk mana warna yang lebih baik bisa menghubungi penciptanya lewat github.


Di Jepang, Tizen-chan sudah menghiasi berbagai macam aksesoris seperti stiker dan kaos. Buat Anda yang bekerja pada TIZEN atau menyukai TIZEN, penciptanya telah mengijinkan untuk menggunakan Tizen-chan ini.