Samsung ZEQ Z9000, smartphone TIZEN pertama di dunia?


Pada tanggal 23 Februari mendatang menjelang berlangsungnya pameran Mobile World Congress (MWC) 2014 yang diadakan di Barcelona, Samsung dan Tizen Association akan menunjukkan smartphone TIZEN pertama mereka untuk publik. Desain hardware dari smartphone yang dibuat oleh Samsung ini hari ini bocor di Internet.

Menurut situs Korea Moveplayer, smartphone TIZEN pertama dari Samsung untuk pasar global akan memiliki nomor model SM-Z9000 dan SM-Z9005, dan untuk pasar Jepang melalui NTT DoCoMo akan memiliki nomor model SC-03F.

Untuk informasi tentang spesifikasi, produk ini memiliki layar 4,8-inci dengan resolusi HD (1280 x 720), prosesor Qualcomm Snapdragon 800 dengan clock speed 2,3 GHz dan dimensi 136,1 x 69,1mm yang sesuai materi otentikasi yang terdapat pada sertifikasi FCC untuk Samsung SC-03F. Namun menurut Moveplayer ini bukan spesifikasi resmi, dan NTT DoCoMo juga telah menunda produk ini.


Merek dagang baru untuk produk ini kemungkinan adalah Samsung ZEQ yang telah diajukan oleh Samsung Electronics pada akhir Agustus kemarin (Aplikasi No. 4020130057713). Menurut situs resmi dari United States Patent and Trademark Office (USPTO), Samsung ZEQ adalah merek dagang untuk:
Mobile application software; digital cameras; mobile telephones; portable media players; portable computers; rechargeable batteries; smart phones; tablet computers; wireless headsets for mobile phones and tablet computers; battery chargers; leather cases for mobile phones, smart phones and tablet computers; flip covers for mobile phones, smart phones and tablet computers; screen protective films for mobile phones, smart phones and tablet computers; wearable digital electronic devices in the form of a wristwatch, band or bangle for use with smart phones, tablet computers and portable computers.

Makna yang luas ini sesuai dengan penerapan TIZEN sebagai OS konvergensi multi-platform untuk diterapkan pada berbagai perangkat dan aksesoris pendukungnya di masa depan.


Via Moveplayer (Korea)


Update 28/1:

Penampakan baru dari akun @evleaks yang mengatakan: "Samsung's Tizen-powered SM-Z9005 in the wild." SM-Z9005 adalah varian global dari SM-Z9000, yang kemungkinan memiliki perbedaan pada konektivitas LTE dan penggunaaan prosesor dari Qualcomm (selain Exynos).