NTT DoCoMo tunda perilisan smartphone TIZEN untuk tahun fiskal 2013


NTT DoCoMo, operator telekomunikasi terbesar di Jepang dan anggota dewan dari Tizen Association, hari ini mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk menunda perilisan smartphone dengan sistem operasi (OS) TIZEN untuk tahun fiskal 2013. Jadwal rilis baru dijadwalkan akan diumumkan kemudian.

Tentang alasan untuk penundaan ini, bagian humas dari NTT DoCoMo mengatakan bahwa "pertumbuhan pasar smartphone telah mengalami tren perlambatan, sehingga sangat tidak tepat waktunya untuk memperkenalkan perangkat yang menjalankan OS baru."

Presiden NTT DoCoMo Kaoru Kato sebelumnya menyatakan bahwa perusahaannya berharap untuk bisa meluncurkan perangkat yang membawa sistem operasi ketiga (selain Apple iOS dan Google Android) pada tahun fiskal 2013 yang akan berjalan hingga Maret 2014. Namun nampaknya pasar mobile saat ini masih belum mau menerima OS ketiga.

Melalui pengumuman baru ini, berarti DoCoMo telah dua kali menunda peluncuran perangkat TIZEN. Untuk itu, jadwal rilis baru smartphone TIZEN dari NTT DoCoMo akan berlangsung pada tahun fiskal 2014 yang akan dimulai bulan April mendatang.

Berikut pernyataan resmi dari NTT DoCoMo:

株式会社NTTドコモは、2013年度内の導入を目指しておりましたTizenOSを搭載したスマートフォンに関して、 モバイル市場を取り巻く環境の変化に鑑み、導入を当面見送ることと致しました。

引き続き、Tizen Associationのメンバーとして、TizenOSの普及に向けて取り組んで参ります。


Via NTT DoCoMo