MQTT hadirkan solusi protokol konektivitas untuk TIZEN IVI


MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) adalah protokol konektivitas machine-to-machine (M2M)/"Internet of Things (IoT)" yang berbasis open source (Eclipse) dengan standar terbuka (OASIS) yang sangat sederhana dan ringan, yang dirancang untuk perangkat terbatas dan bandwidth rendah, dengan latency tinggi atau berjalan pada jaringan yang tidak dapat diandalkan.

Ini adalah prinsip-prinsip desain untuk memenuhi persyaratan dalam meminimalkan bandwidth jaringan dan sumber daya perangkat, namun dilain pihak juga berusaha untuk memastikan keandalan dan jaminan pengiriman data. MQTT sangat ideal untuk perangkat yang terhubung dan aplikasi mobile di era M2M/IoT dimana bandwith dan daya baterai menjadi pertimbangan utama.

MQTT diciptakan oleh Dr Andy Stanford-Clark dari IBM, dan Arlen Nipper dari Arcom (sekarang Eurotech), pada tahun 1999. MQTT telah banyak diterapkan di berbagai industri sejak tahun 1999, terutama oleh produsen kendaraan beserta pemasoknya.

Oleh pengembangnya, MQTT akan diintegrasikan pada sistem in-vehicle infotainment (IVI) sesuai standar asosiasi industri otomotif GENIVI Alliance dan Automotive Grade Linux (AGL) dimana TIZEN IVI menjadi referensi utama dari sistem operasi (OS) dan HTML5 menjadi aplikasinya.

Untuk mencoba MQTT pada TIZEN IVI, cukup hanya menjalankan Xterm dan mengetik:

webskeleton -f http://m2m.demos.ibm.com
Berikut ini sekilas video demo MQTT di TIZEN IVI:



Live demo, HTML5 source code dan demo video selengkapnya bisa dilihat di http://m2m.demos.ibm.com. Untuk petunjuk selengkapnya buat pengembang bisa langsung menuju ke: http://mobilebit.wordpress.com/tag/genivi-tizen-agl-mqtt-messagesight/