Inilah OS TIZEN di ZTE Geek


ZTE Geek adalah smartphone referensi TIZEN untuk Intel Architecture (IA) x86, sama seperti Samsung RD-210 dan RD-PQ yang menjadi smartphone referensi untuk ARM. Semua perangkat ini telah dikustomisasi untuk menjadi acuan dan dirilis untuk pengembang TIZEN maupun pengembang aplikasi untuk TIZEN.

ZTE Geek merupakan smartphone pertama ZTE yang diperkuat oleh prosesor Intel Atom terbaru Z2580 dengan pemrosesan 32nm dan memiliki frekuensi CPU 2.0GHz yang diluncurkan saat berlangsungnya Intel Developer Forum (IDF) pada musim semi 2013 di China National Convention Center di Beijing.

ZTE Geek memiliki layar HD 5.0-inci dengan resolusi hingga 1280x720 piksel dan memiliki memori 8GB eMMC + 1 GB RAM. Smartphone ini juga memiliki kamera 8 megapiksel di bagian belakang, kamera depan 1 megapiksel, lampu LED tambahan, dan kapasitas baterai sebesar 2300mAh.

Yuya Adachi, seorang engineer dari Tizen Japan Consortium (TJC) telah berhasil memporting OS TIZEN di ZTE Geek V975, salah satu varian ZTE Geek dengan chip Intel yang sudah dijual di pasaran. Dia berhasil melakukan booting TIZEN versi 32-bit di ZTE Geek, namun tidak berhasil untuk yang 64-bit. Yuya Adachi juga telah memposting screenshot dan cara untuk memporting TIZEN ke ZTE Geek V975 di blog pribadinya yang bisa Anda baca sendiri disini.

Dalam laporan di halaman JIRA terbaru, Yang Cheng-wei telah melaporkan status booting dari TIZEN 3.0 di ZTE Geek dan permasalahan yang terkait dengan booting Xorg dan keamanan pada Smack. Dia juga melampirkan beberapa screenshot seperti terlihat dibawah ini.


Tizen Association berencana untuk membuka stan khusus saat berlangsungnya pameran Mobile World Congress (MWC) 2014 yang berlangsung antara tanggal 24 - 27 Februari 2014 antara jan 08:00 - 17:00 di Barcelona, Spanyol. ZTE Geek yang menjalankan OS TIZEN direncanakan akan dipertunjukkan disini, sehingga kita bisa mengharapkan penampilan yang lebih sempurna di pameran tahunan untuk industri mobile terbesar ini.