Huawei akan meluncurkan smartphone 64-bit di MWC 2014?


CEO Huawei Richard Yu (余承东) secara resmi mengumumkan bahwa perusahaannya akan memasuki era chipset 64-bit tahun ini. Huawei yang merupakan salah satu anggota dari Tizen Association ini berencana akan meluncurkan prosesor quad-core berbasis ARM Cortex A-57 dan octa-core yang menggabungkan ARM Cortex-A57 dan ARM Cortex A-53 yang akan menggunakan arsitektur big.LITTLE.

Melalui akun jejaring sosial Weibo pribadinya, Richard Yu menulis beberapa status yang menjelaskan tentang perkembangan beberapa prosesor HiSilicon dari perusahaannya. Prosesor pertama adalah chip quad-core berbasis ARM Cortex-A9 dengan pemrosesan 28nm, sedangkan prosesor kedua adalah chip octa-core yang manggunakan kombinasi ARM Cortex-A15 dan ARM Cortex-A7. Kedua prosesor memiliki modem GSM/WCDMA/TD-SCDMA/TD-LTE dan FDD-LTE.

Dalam update status lainnya, Richard Yu mengatakan bahwa Huawei juga akan mengumumkan chip 64-bit pertama buatan perusahaannya tahun ini. Prosesor aplikasi mobile 64-bit yang pertama dari Huawei ini akan menggunakan chip octa-core dengan menggunakan kombinasi antara dua chip quad-core masing-masing ARM Cortex-A57 dan ARM Cortex A-53 yang nantinya juga akan dirilis dengan merek HiSilicon.

Richard Yu juga menegaskan bahwa selain memiliki chip sendiri, Huawei juga akan menggunakan chip dari MediaTek dan Qualcomm. Rumor yang beredar mengatakan bahwa Huawei kemungkinan akan menunjukannya pada sebuah smartphone baru di pameran Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol, pada akhir Februari mendatang.