Thursday, December 19, 2013

Smartphone TIZEN pertama akan meluncur saat MWC 2014


Menurut para analis, Samsung saat ini sedang berada di bawah tekanan untuk menunjukkan smartphone komersial pertama jika ingin TIZEN untuk menjadi sukses. Dan perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) TIZEN akan diluncurkan pada 23 Februari mendatang di Barcelona, ​​sehari sebelum pembukaan perhelatan industri mobile terbesar Mobile World Congress (MWC) 2014.

Pendukung proyek TIZEN, yang meliputi Samsung Electronics dan Intel, telah mengirimkan undangan melalui email pada hari Rabu kemarin untuk sebuah acara yang akan berlangsung pada Februari mendatang. Undangan ini tidak mengatakan jenis perangkat apa yang akan ditampilkan, tetapi menjanjikan "sebuah 'sneak preview' eksklusif dari perangkat TIZEN terbaru serta kesempatan untuk belajar tentang tonggak utama bahwa proyek TIZEN telah hadir sejak berlangsungnya acara ini [MWC 2013] tahun lalu."

Smartphone pertama berbasis pada Firefox OS dan Sailfish OS, yang dikembangkan oleh perusahaan Finlandia Jolla, telah keluar tahun ini. Smartphone TIZEN pertama seharusnya juga sudah dirilis, tetapi telah ditunda sampai tahun depan, sehingga menempatkan tekanan pada pendukung OS TIZEN, terutama Samsung, untuk menunjukkan bahwa TIZEN tetap bisa bersaing.

"Ini sangat sederhana. Pada Mobile World Congress mereka akan menunjukkan perangkat komersialnya," kata Geoff Blaber, wakil presiden riset, Americas, di CCS Insight.

Blaber, bersama dengan analis lain dan orang-orang dari industri, menghadiri acara TIZEN di MWC 2013, 10 bulan yang lalu. Operator Orange dan NTT DoCoMo, didukung oleh Samsung, mengatakan mereka akan meluncurkan smartphone pertama untuk dijual pada paruh kedua tahun ini. Pada acara tersebut, sebuah hardware yang tidak diberi perincian dari Samsung terlihat menjalankan versi 2.0 dari OS TIZEN, namun OS ini waktu itu masih jauh dari matang.

Untuk membuat OS ke titik di mana sudah terbukti kompetitif pada kenyataannya lebih menantang dari yang diharapkan. Pada bulan November, Orange mengatakan bahwa mereka akan menilai kembali strategi mereka bersama-sama dengan komunitas TIZEN tentang bagaimana untuk terjun ke pasar dan apa artinya dalam hal fitur, poin harga dan posisi pasar. Samsung mengatakan tetap "berkomitmen untuk memberikan pengalaman mobile terbaik berdasarkan platform terbuka dan ekosistem yang sepenuhnya siap di sekitarnya."

Komentar yang terakhir dari Blaber menyoroti tantangan bahwa setiap OS smartphone yang baru yang harus dihadapi. Menurutnya, sulit mendapatkan perhatian dari pengembang sebelum perangkat yang sebenarnya dijual di pasaran, tetapi juga sulit untuk menjual smartphone tanpa semua aplikasi yang paling populer sudah tersedia.

Proyek TIZEN lahir lebih dari dua tahun yang lalu, ketika Linux Foundation dan Limo Foundation meluncurkan ulang upaya mereka untuk bersaing dengan Apple dan Android dengan menggabungkan proyek MeeGo dan LiMo.

Mobile World Congress 2014 sendiri akan berlangsung antara tanggal 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.


Via IT News

No comments:

Post a Comment