Samsung: TIZEN di Smart Camera NX300 cuma awal dari kemunculan perangkat TIZEN lainnya


Walaupun Samsung Electronics telah mengkonfirmasi bahwa mereka secara diam-diam telah merilis Smart "Mirrorless" Camera baru awal tahun ini yang menjalankan sistem operasi (OS) baru TIZEN, tapi mereka meminta agar jangan terlalu banyak fokus ke produk ini. Menurut Samsung, kapabilitas TIZEN di Smart Camera NX300 ini masih belum bisa menggambarkan kemampuan dan fitur TIZEN yang sebenarnya.

Samsung dengan tegas mengatakan versi TIZEN yang digunakan dalam NX300 bukanlah versi TIZEN yang direncanakan untuk diperkenalkan pada smartphone oleh Samsung tahun depan. Seperti yang kita tahu, NX300 menjalankan OS TIZEN 1.0, sedangkan smartphone TIZEN yang akan diluncurkan akan berbasis pada TIZEN 2.2.x keatas.

Menurut Samsung, OS TIZEN pada NX300 tidak mendukung tool pengembangan software dan pengguna tidak bisa "seenaknya menambah aplikasi atau mengubah pengaturan didalamnya." Ini pada dasarnya adalah sebuah OS untuk kamera yang memungkinkan fotografer untuk mengirimkan dan berbagi foto ke email atau situs jejaring sosial seperti Facebook, Flickr dan lainnya melalui konektivitas Wi-Fi.

User interface (UI) di NX300, menurut Samsung, tidak jauh berbeda dengan produk Smart Camera seri NX sebelumnya. Samsung bahkan menyebut OS TIZEN di NX300 sebagai "prototype," untuk menggambarkannya sebagai versi yang sangat awal dari OS TIZEN.

Namun itu bukan berarti ini adalah produk yang buruk, Samsung Smart Camera NX300 telah diakui sebagai produk kamera mirrorless terbaik dan terlaris di pasaran karena kelebihannya dalam kualitas foto yang dihasilkan melalui sensor 20,3 Megapixel APS-CMOS dan teknologi chip DRIMe4 DSP yang mampu memotret dan merekan video full high-definition (HD) dalam format tiga dimensi (3D). Selain itu juga dilengkapi teknologi "hybrid auto focus (AF)", yang mendukung kecepatan rana super 1/6000 detik sekelas DSLR, layar sentuh AMOLED 3,3-inci, konektivitas Wi-Fi serta NFC untuk kemudahan upload ke situs jejaring sosial dan email.

Ketika ditanya mengapa menggunakan TIZEN pada kamera NX300? Dalam sebuah pernyataan kepada The Wall Street Journal, Samsung berpendapat bahwa TIZEN "akan terus dikembangkan buat platform yang sudah ada untuk memberikan kesempatan bagi penerapan fungsi baru di masa depan."

Jadi TIZEN di Smart Camera NX300 hanyalah awal dari kemunculan beragam perangkat TIZEN yang lain dalam berbagai platform hardware dan produk elektronik untuk konsumen di masa yang akan datang.

Hanya saja tidak dengan produk tertentu.