Samsung luncurkan memori DRAM Mobile 8Gb LPDDR4 pertama di dunia


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan memori DRAM mobile delapan gigabit (Gb), low power double data rate 4 (LPDDR4), untuk yang pertama di industri memori dunia.

"Ini DRAM LPDDR4 generasi berikutnya yang akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk pertumbuhan yang lebih cepat dari pasar DRAM mobile global, yang akan segera terdiri dari bagian terbesar dari seluruh pasar DRAM," kata Jun Young-hyun, wakil presiden eksekutif untuk penjualan & marketing memori di Samsung Electronics. "Kami akan terus memperkenalkan DRAM mobile paling canggih yang selangkah lebih maju di industri ini sehingga OEM global dapat meluncurkan perangkat mobile yang inovatif dengan kenyamanan pengguna yang luar biasa dengan cara yang tepat waktu."

DRAM mobile 8Gb LPDDR4 berkecepatan tinggi dari Samsung ini akan memberikan tingkatan kepadatan dan kinerja tertinggi, serta efisiensi energi untuk aplikasi memori mobile, yang memungkinkan pengguna akhir untuk bisa menggunakan aplikasi yang lebih cepat, lebih responsif, lebih banyak fitur canggih, dan menampilkan resolusi yang lebih tinggi sekaligus memaksimalkan masa pakai baterai.

LPDDR4 8Gb ini dibuat dengan teknologi pemrosesan kelas 20-nanometer (nm), dan menawarkan 1 gigabyte (GB) pada single die, yang merupakan kerapatan terbesar yang tersedia untuk komponen DRAM hingga saat ini. Dengan empat dari chip 8Gb, paket LPDDR4 4GB tunggal dapat memberikan tingkat kinerja tertinggi yang tersedia saat ini.

Selain itu, LPDDR4 8Gb terbaru dari Samsung ini juga menggunakan interface I/O Low Voltage Swing Terminated Logic (LVSTL), yang awalnya diusulkan oleh Samsung JEDEC dan telah menjadi spesifikasi standar untuk DRAM LPDDR4. Berdasarkan interface baru ini, chip LPDDR4 akan memungkinkan kecepatan transfer data per pin dengan 3.200 megabit per detik (Mbps), yang merupakan dua kali lipat dari DRAM LPDDR3 kelas 20nm yang sekarang telah produksi massal. Secara keseluruhan, interface LPDDR4 baru ini akan memberikan kinerja 50 persen lebih tinggi dari LPDDR3 atau memori DDR3 tercepat yang ada di pasaran. Selain itu, memori baru ini juga mengkonsumsi energi yang sekitar 40 persen lebih sedikit sebesar 1,1 volt.

Dengan chip baru ini, Samsung akan fokus pada pasar mobile premium termasuk smartphone layar besar beresolusi UHD, tablet dan notebook ultra-slim yang menawarkan empat kali resolusi pencitraan full-HD, dan juga pada sistem jaringan berkinerja tinggi.

Samsung telah memimpin pengembangan teknologi DRAM mobile dan merupakan pemimpin dalam pangsa pasar DRAM mobile dengan LPDDR3 4Gb dan 6GB sebelumnya. Samsung mulai menawarkan paket solusi LPDDR3 3GB (6Gb) tertipis dan terkecil pada bulan November dan akan menghadirkan DRAM LPDDR4 8Gb terbaru pada tahun 2014. Chip DRAM mobile 8Gb dengan cepat akan memperluas pasar untuk DRAM high-density dalam perangkat mobile generasi berikutnya.