Platform berbasis Linux akan menguasai pasar OS untuk mobil di tahun 2020


Didorong oleh adopsi luas di antara para produsen mobil, Linux diperkirakan akan bisa memenangkan kompetisi dan persaingan untuk memimpin pasar sistem operasi (OS) untuk sistem infotainment di dalam kendaraan atau in-vehicle infotainment (IVI) pada tahun 2020.

Menurut analisa dari IHS Automotive, penjualan global untuk OS berbasis Linux di industri otomotif akan meningkat menjadi 53,7 juta unit pada tahun 2020, naik dari kurang dari 1 juta unit pada tahun 2013. Pertumbuhan yang sangat cepat ini akan memungkinkan Linux untuk menyalip pesaing utamanya Microsoft dan QNX dari BlackBerry, seperti yang disajikan dalam gambar di bawah.

"Pasar untuk sistem operasi infotainment otomotif merupakan peluang besar bagi vendor software, dengan penjualan untuk platform ini meningkat ke hampir 130 juta unit pada tahun 2020 - sebesar volume pasar PC global pada 1999," kata Egil Juliussen, direktur riset untuk IHS Automotive. "Pertumbuhan ini didorong oleh banyaknya platform di banyak mobil, dengan otomotif tunggal berpotensi memiliki satu OS untuk head unit dan navigasi, satu lagi untuk sistem telematika dan hands-free interface untuk ponsel, dan satu lagi untuk sistem hiburan di kursi belakang. Selama jangka panjang, Linux akan memimpin dalam pasar yang berkembang, setelah produsen mobil dan pemasok mereka tertarik dengan keuntungan dari OS ini."

Peningkatan adopsi sistem IVI berbasis Linux ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk momentum open-source, keuntungan penghematan biaya masa depan dan ketersediaan dari beberapa pemasok di setiap tingkat dalam hirarki software.

Alasan lain untuk keberhasilan Linux adalah keinginan industri otomotif untuk mengontrol dan mengatur arsitektur sistem mereka sendiri. Industri otomotif lebih memilih platform OS di mana ia dapat mengontrol arah dan fiturnya di masa depan. Kontrol tersebut tidak mungkin dijumpai dalam platform OS proprietary.

Kebutuhan ini terutama berlaku untuk pemasok Tier 1 yang harus mengontrol dan mengelola platform software untuk mempertahankan bisnis manufaktur hardware infotainment. Hasilnya, Linux akan membuat terobosan yang cepat ke dalam sistem infotainment meskipun memiliki awal yang lambat.

QNX saat ini memimpin pasar OS IVI dengan penguasaan 53 persen pangsa pasar di tahun 2013. Namun, QNX akan menyerahkan singgasananya kepada Linux di tahun-tahun mendatang karena pesaing kuat dan ketidakpastian dari perusahaan induknya, BlackBerry. QNX memiliki sertifikasi keamananan yang lebih baik daripada OS IVI lainnya, yang membuka peluang otomotif tambahan yang tidak dihitung dalam perkiraan pasar ini.

Microsoft saat ini sedang pada puncaknya untuk pangsa pasar, menguasai 27 persen dari pengiriman pada tahun 2013, dengan porsi yang kemudian terus menurun menjadi sekitar 18 persen pada tahun 2020. Meskipun penurunan pangsa pasar, penjualan unit Microsoft akan meningkat melalui periode perkiraan, karena pertumbuhan yang cepat secara keseluruhan dari pasar OS untuk platform IVI.


Untuk mempercepat penyebaran sistem operasi Linux agar lebih banyak digunakan oleh berbagai perangkat yang terhubung, Linux Foundation sendiri telah meluncurkan Automotive Grade Linux (AGL) Work Group untuk memajukan pengembangan sistem otomotif melalui kolaborasi antara Linux Foundation dan komunitas open source dan industri otomotif. Dan TIZEN dipilih sebagai platform referensi buat AGL.

Menurut Rudolf Streif, Direktur dari Embedded Solutions di Linux Foundation dan Ketua dari Automotive Grade Linux Work Group, TIZEN In-Vehicle Infotainment (IVI) adalah titik awal yang baik untuk AGL. TIZEN menawarkan teknologi dimana group dapat membangun dan berinovasi untuk industri otomotif. Platform ini juga menyediakan infrastruktur operasi dasar yang diperlukan dan menggabungkan paket software penting untuk perangkat embedded yang terhubung.

"Sebuah distribusi komunitas Linux untuk otomotif sangat penting," kata Ken-ichi Murata, Project General Manager dari Toyota Motor Corporation saat peluncuran AGL pada bulan September tahun lalu. "Ada seperangkat inti dari persyaratan khusus untuk industri otomotif, dan kolaborasi pembangunan dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut lebih cepat dan lebih efisien."

"Disruption yang didorong oleh kolaborasi dan software open source ini adalah apa yang menempatkan Linux dalam 'Motor Trend' mobil dalam setahun dua tahun ini secara berturut-turut. Dan pekerjaan ini yang akan terus membentuk cara kita berinteraksi dengan mobil kita dngan baik ke masa depan," kata Jim Zemlin, direktur eksekutif di Linux Foundation dalam posting di blog miliknya pada bulan November kemarin.

Toyota adalah salah satu produsen mobil yang aktif dalam pengembangan TIZEN IVI, selain Jaguar Land Rover. Anggota lainnya dari AGL termasuk Aisin AW, DENSO Corporation, Feuerlabs, Fujitsu, HARMAN, Intel, NEC, Nissan, NVIDIA, Reaktor, Renesas, Samsung, Symbio, Texas Instruments Incorporated (TI), dan Tieto.