Kilas balik TIZEN di tahun 2013 (Bagian 1)


Selama tahun 2013 begitu banyak peristiwa yang terjadi berkaitan dengan perkembangan TIZEN jika dibandingkan dengan dua periode sebelumnya (2011 dan 2012). Menyambut akhir tahun 2013 dan tahun baru 2014, sesuai tradisi tiap tahun kita akan mencoba menampilkan ringkasan beberapa peristiwa penting yang terjadi selama setahun ini. Anda bisa mengklik tiap judul artikel untuk menuju ke versi lengkapnya. Rangkaian kilas balik ini akan diturunkan dalam dua artikel yang berhubungan.


Januari


OpenMobile World Wide mengumumkan kemitraan dengan neXva sebagai salah satu mitra konten aplikasi independen dari OpenMobile. Memulai debutnya di CES 2013, OpenMobile AppMall™ ini telah didukung oleh beberapa pencipta konten dan distributor yang paling terkemuka di dunia. Toko Aplikasi independen seperti neXva telah dimasukkan dalam one-stop-shop independen terbesar untuk mencari, meninjau, membeli dan mengunduh aplikasi Android. AppMall pertama kali akan dihadirkan untuk perangkat berbasis TIZEN.


Intel® HTML5 App Porter Tool - BETA adalah sebuah aplikasi yang membantu pengembang aplikasi mobile untuk memporting code aplikasi native iOS ke HTML5, dengan secara otomatis menerjemahkan bagian dari code native ke HTML5. Tool ini bukan solusi lengkap untuk secara otomatis memporting 100% dari aplikasi iOS, melainkan mempercepat proses porting dengan menerjemahkan code dan artifact sebanyak mungkin.


MapBox hari ini menyatakan bahwa mereka akan merilis tool open source berbasis HTML5 untuk pengembangan peta dan layanan berbasis lokasi untuk TIZEN. MapBox berharap, pengguna perangkat TIZEN nantinya bisa memperluas penggunaan peta terutama melalui aplikasi seperti foursquare dan Yelp, dan berinteraksi melalui interface berbasis gesture secara alami.


Februari


Rudolf Streif, Direktur dari Embedded Solutions di Linux Foundation dan Ketua dari Automotive Grade Linux Work Group, menjelaskan bagaimana proyek ini menjadi pendorong inovasi teknologi di dalam kendaraan dengan mengembangkan platform referensi yang memenuhi kebutuhan industri otomotif untuk konektivitas dan kelangsungan hidup jangka panjang serta bagaimana TIZEN dipilih sebagai platform referensi.


Rilis terbaru ini mencakup banyak fitur baru dan perbaikan atas TIZEN 1.0 Larkspur yang dirilis pada bulan April tahun lalu, dan TIZEN 2.0 alpha yang dirilis pada bulan September 2012. Sebagai pengembang TIZEN 2.0, Anda akan menemukan HTML5/W3C API (Application Programming Interface) yang kuat dan native framework yang baru.


appbackr inc. hari ini mengumumkan peluncuran appscore untuk HTML5. Algoritma mesin pembelajaran ini akan digunakan untuk menginformasikan pilihan untuk aplikasi pada platform seperti TIZEN yang mendukung HTML5. HTML5 appscore akan bergabung dengan inisiatif scoring appbackr yang ada sebelumnya baik untuk Android dan iOS.




Tizen Association sesuai agenda mengadakan acara peluncuran TIZEN 2.0 di pameran dagang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. Selain mengenalkan platform open source baru ini, masing-masing anggota Tizen Association juga menjelaskan rencana mereka terkait TIZEN untuk kedepannya.


Maret


Semua aplikasi dan game ini bisa diunduh dari "TIZEN STORE," sebuah toko aplikasi yang menggabungkan aplikasi web dan native di mana pengembang dapat mempublikasikan atau menjual aplikasi mereka. Selain itu juga dimungkinkan toko aplikasi lain untuk berjalan di perangkat TIZEN.


Saat berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2013 kemarin di Barcelona, Spanyol, Intel memamerkan TIZEN IVI yang kompatibel dengan aplikasi HTML5. Lewat TIZEN IVI, Intel berharap bisa menciptakan sistem operasi tunggal untuk in-vehicle infotainment system buat produsen kendaraan dan pengembang aplikasi tidak harus menulis ulang aplikasi mereka untuk mobil yang berbeda.


Menjelang peluncuran perangkat TIZEN tahun ini, Samsung Electronics membuka kembali Pusat Pengembangan Aplikasi Mobile "OCEAN" baru yang telah diperluas pada tanggal 9 Maret kemarin untuk memberikan dukungan dan layanan bagi pengembang.


Samsung telah meluncurkan smartphone terbarunya Galaxy S4 di Radio City Music Hall, New York, Amerika Serikat, hari ini. Namun di tengah eforia produk baru tersebut, eksekutif Samsung menyempatkan wawancara dengan berbagai media untuk memberikan sedikit petunjuk tentang smartphone TIZEN yang akan menjadi produk premium yang hadir menjelang akhir tahun ini.


Berdasarkan pada analisis firmware yang digunakan, Samsung Smart Camera terbaru NX300 ternyata menggunakan sistem operasi (OS) TIZEN. Samsung sengaja tidak membeberkan fakta yang menarik ini kepada publik, dimana mereka telah mencoba mendorong TIZEN untuk juga digunakan pada produk selain smartphone.


Setelah merilis preview beberapa minggu lalu, Appcelerator® hari ini mengumumkan dukungan GA untuk platform TIZEN baru di Titanium® SDK. Bagi pengembang aplikasi untuk TIZEN, versi terbaru 3.1.0 dari Titanium SDK dan Titanium Studio termasuk dukungan TIZEN sudah tersedia untuk diunduh.


April


Google, Samsung dan Mozilla kemarin mengumumkan bahwa mereka akan bekerja pada mesin rendering browser sendiri dan akan meninggalkan mesin rendering WebKit dari Apple. Google akan menggunakan mesin rendering sendiri yang bernama Blink - yang sebenarnya masih berbasis WebKit - untuk Chrome, sementara Samsung bekerja sama dengan Mozilla akan membuat mesin rendering browser yang disebut Servo.


Di bulan April ini, Samsung akan segera menghadirkan kampanye "TIZEN Port-a-thon: Make a new start with TIZEN". Dalam pre-release yang diterima oleh para pengembang aplikasi bada, Samsung mengajak mereka untuk memporting aplikasinya yang sebelumnya dibuat untuk OS bada ke TIZEN. Sebagai imbalannya Samsung menyediakan hadiah total senilai $2,2 juta atau sekitar 21 milyar rupiah plus hadiah menarik lainnya.


Saat berlangsungnya Intel Developer Forum (IDF) 2013 yang berlangsung pada 10 - 11 April kemarin di Beijing, China, Intel memperkenalkan teknologi dan kemitraan baru yang bertujuan untuk mengubah cara orang menikmati teknologi dari perangkat ke cloud.


Infraware, perusahaan software dan layanan mobile inovatif yang berbasis di Korea, hari ini meluncurkan Polaris App Generator (PAG) yang dapat mengubah aplikasi dan game Android untuk bisa berjalan secara mulus pada perangkat TIZEN. Infraware juga mengumumkan rencananya untuk membuat layanan penerbitan untuk aplikasi dan game TIZEN yang berasal dari konversi melalui teknologi PAG bulan depan.


Buat pengguna netbook atau laptop, sistem operasi (OS) TIZEN kini telah tersedia untuk perangkat Anda. TIZEN akan memberikan peningkatan kinerja dan pengalaman pengguna yang terbaik untuk netbook.


Linux Foundation Collaboration Summit 2013 diadakan pada tanggal 15-17 April 2013 di hotel Parc 55 di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Sebagai salah satu proyek resmi milik Linux Foundation, TIZEN juga hadir di acara ini melalui serangkaian sesi presentasi atau mini-summit yang dibawakan oleh beberapa evangelist dari Intel maupun Samsung pada hari kedua, 16 April 2013.


Mei


TIZEN STORE, toko aplikasi untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) TIZEN hari ini telah dibuka untuk pengembang. Buat pengembang aplikasi yang ingin mengajukan aplikasi mereka untuk dijual di TIZEN STORE mulai sekarang bisa registrasi terlebih dulu di TIZEN STORE Seller Office.


GameSalad hari ini mengumumkan dukungan untuk sistem operasi (OS) mobile open source baru TIZEN. GameSalad memiliki lebih dari 600.000 pengembang dan 180.000 game yang tersebar di berbagai platform yang selama ini telah memudahkan proses untuk membawa game mobile, web dan PC ke pasar dengan menghilangkan kebutuhan untuk coding dan memungkinkan pengembang untuk mempublikasikan game mereka ke beberapa platform dengan hanya mengklik tombol.


Unity Technologies, penyedia engine multi-platform dan tool pengembangan Unity, hari ini mengumumkan bahwa game yang dibuat dengan Unity dari katalog Union yang luas, Unity games syndication group, akan tersedia pada perangkat berbasis sistem operasi (OS) TIZEN untuk tablet dan smartphone.


YoYo Games hari ini mengumumkan bahwa GameMaker: Studio akan mendukung penerbitan untuk TIZEN STORE dan platform berbasis TIZEN lainnya yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Dengan GameMaker: Studio untuk TIZEN, pengembang akan dapat mengekspor game mereka yang baru dibuat dan sudah ada sebagai aplikasi yang siap untuk TIZEN STORE melalui basis kode tunggal dan dengan satu sentuhan tombol. Game dapat diekspor dari GameMaker: Studio untuk berjalan secara native atau sebagai aplikasi HTML5.


Scirra kemarin telah mengumumkan bahwa versi terbaru dari Construct 2 Game Engine telah mendukung pengembangan aplikasi untuk sistem operasi (OS) TIZEN. Pengumuman ini disampaikan setelah Scirra mengumumkan perilisan update Construct 2 r130 versi Beta.


Lee Myung-jae dari Samsung melalui mailing list hari ini mengumumkan bahwa TIZEN 2.1 source code dan SDK sekarang telah tersedia. Sebagai rilis minor, TIZEN 2.1, dengan kode nama Nectarine, berisi beberapa fitur baru dan peningkatan kinerja.


Hari ini tim pengembang Enyo, framework JavaScript open source berorientasi objek yang menekankan enkapsulasi dan modularitas untuk aplikasi mobile atau web, mengumumkan bahwa TIZEN telah ditambahkan ke daftar platform yang didukung oleh Enyo.


Sencha Touch, user interface (UI), JavaScript library dan framework yang khusus dibangun untuk pengembangan web mobile, hari ini mengumumkan dukungan resmi mereka untuk TIZEN. Dengan dukungan ini, pengembang web bisa memanfaatkan tool dari Sencha untuk mengembangkan UI untuk aplikasi mobile TIZEN yang akan terlihat dan terasa seperti aplikasi native sesuai standar HTML5, CSS3 dan JavaScript.


Havok, penyedia teknologi inti untuk game kelas atas terkemuka, hari ini mengumumkan bahwa TIZEN telah ditambahkan ke daftar platform yang akan mendapat gratis untuk Project Anarchy, game engine mobile dari Havok yang berbasis C++. Havok akan mengoptimalkan berbagai teknologi Project Anarchy untuk TIZEN termasuk Havok Vision Engine, Havok Physics, Havok Animation Studio dan Havok AI.


Saat berlangsungnya Tizen Developer Conference (TDC) 2013 di San Fransisco, Intel memperlihatkan sistem operasi (OS) TIZEN yang berjalan pada ultrabook berbasis Intel Ivy Bridge. Walaupun versi ini masih jauh dari final, namun secara kinerja, fungsionalitas dan user interface sudah terlihat menjanjikan.



Saat menjadi salah satu pembicara kunci (keynote speech) di Tizen Developer Conference (TDC) 2013 di San Fransisco hari ini, Mark Skarpness, Director of Systems Engineering dari Intel Corporation dan juga Co-Chair dari Tizen Technical Steering Group (TSG), meluncurkan kontes aplikasi mobile terbesar tahun ini, Tizen App Challenge dengan total hadiah tunai $4 juta atau sekitar 40 milyar rupiah. Kontes aplikasi diselenggarakan untuk membentuk ekosistem aplikasi yang kuat dan besar buat TIZEN sebagai sistem operasi (OS) baru.


Samsung telah merilis code untuk kamera mirrorless NX2000 dan NX300 sebagai open source berdasarkan CPU quad-core ARM Cortex-A9 dan co-processor Neon. Ini adalah pertama kalinya source code dari produk kamera dirilis ke publik yang sekaligus menandai kalau sistem operasi (OS) open source sudah merambah segmen ini.


Sebagai salah satu anggota dari Technical Steering Group (TSG) dari proyek TIZEN bersama dengan Intel, Samsung berencana merilis versi terbaru dari sistem operasi (OS) open source TIZEN 3.0 awal 2014. Tidak hanya untuk smartphone, TIZEN 3.0 direncanakan juga akan mengakomodasi mobil dan perangkat elektronik cerdas lainnya.


Juni


TIZEN adalah sistem operasi open source yang sangat mudah dan bebas untuk dikustomisasi. Untuk itu, Intel berencana untuk membuat user interface (UI) sendiri untuk perangkat TIZEN, yang diberi kode nama "Obsidian".


Saat menjadi pembicara kunci di acara "Smart Device Japan (SDJ) 2013" hari ini, Ryoichi Sugimura, Director untuk Global Alliance Strategic Marketing Department di operator NTT DoCoMo dan Officer dari Tizen Association, memperkenalkan sistem operasi baru TIZEN kepada masyarakat Jepang. NTT DoCoMo adalah operator terbesar di Jepang serta anggota dari Tizen Association dan Tizen Technical Steering Group (bersama Intel, Samsung Electronics, Huawei dan Orange).


AppCarousel, penyedia solusi toko aplikasi dan layanan ekosistem konten terkemuka, hari ini mengumumkan peluncuran Developer Program baru untuk TIZEN, platform software open source berbasis standar yang didukung oleh operator telekomunikasi, produsen perangkat, dan pemasok silikon terkemuka.