Friday, November 1, 2013

Source of Tales, game RPG open source berbasis Qt untuk TIZEN


Source of Tales adalah roleplaying game (RPG) open source yang diadapdasi dengan menggunakan kode Qt Quick penuh dari Mana Project, sebuah platform MMORPG 2D, dengan didukung oleh akselerasi hardware OpenGL untuk grafis. Game ini memiliki dunia yang besar untuk dijelajahi, banyak karakter yang masing-masing bisa berbicara, sistem pertempuran jarak dekat serta yang menggunakan magic (sihir) dan user interface yang telah dipoles dengan halus.

Pengembangnya Thorbjørn Lindeijer sebelumnya bekerja pada Trolltech/Nokia sejak tahun 2007, sehingga tidak mengherankan dia memahami Qt dengan baik. Game ini awalnya akan diporting untuk Nokia N900 yang menjalankan sistem operasi (OS) Maemo, namun hasilnya mengecewakan karena layar yang terlalu kecil dan baterai yang boros. Sampai akhirnya dia mendengar tentang kontes aplikasi Tizen App Challenge dan porting Qt for Tizen dibulan Juli kemarin.

Game online ini bisa berjalan pada perangkat PC yang menjalankan OS Linux, Windows, OS X, dan perangkat mobile yang menjalankan OS Android (hanya perangkat high-end seperti Galaxy S3 atau Nexus 4) dan TIZEN. Untuk TIZEN, game ini sudah diuji pada pada perangkat pengembangan RD-PQ dimana demo videonya bisa Anda lihat dibawah ini.

Karena open source, kode untuk Source of Tale bisa dilihat di repositori GitHub di alamat: https://github.com/tales/tales-client.

Wawancara lengkap dengan pengembang Thorbjørn Lindeijer bisa dibaca di blog resmi komunitas Qt for Tizen di alamat: http://qtfortizen.blogspot.com/2013/10/games.html.





No comments:

Post a Comment