Samsung konfirmasi Smart Camera NX300 sebagai perangkat TIZEN pertama di TDSK13


Sebelumnya berdasarkan pada analisis firmware yang digunakan, kita pernah mengklaim bahwa Samsung Smart Camera NX300 ternyata menggunakan sistem operasi (OS) TIZEN 1.0 Larkspur. Dan sekarang nampaknya fakta ini telah dikonfirmasi oleh Samsung sendiri saat berlangsungnya Tizen Developer Summit Korea 2013 (TDSK13) yang berlangsung mulai hari ini di Seoul, Korea Selatan.

Saat menjadi pembicara utama di TDSC13 hari ini, Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG), dengan bangga mengumumkan bahwa Smart Camera NX300 sesungguhnya adalah perangkat TIZEN yang telah hadir di pasaran sejak awal tahun ini.

Smart Camera NX300 dilengkapi sensor 20,3 Megapixel APS-CMOS dan teknologi chip DRIMe4 DSP yang mampu memotret dan merekan video full high-definition (HD) dalam format tiga dimensi (3D). Selain itu juga dilengkapi teknologi "hybrid auto focus (AF)", yang mendukung kecepatan rana super 1/6000 detik sekelas DSLR, layar sentuh AMOLED 3,3-inci, konektivitas Wi-Fi serta NFC.

JD Choi mengklaim bahwa NX300 memiliki waktu booting yang dua kali lebih cepat dibanding kamera digital berbasis Linux lainnya, termasuk Samsung Galaxy Camera yang berbasis Android.

Samsung juga telah merilis source code dari Smart Camera NX300 dan NX2000, versi hemat dari NX300, melalui http://opensource.samsung.com/.

Anda bisa melihat video saat JD Choi mengumumkan NX300 sebagai perangkat TIZEN dari The HandheldBlog berikut ini.