Monday, November 4, 2013

OS TIZEN untuk TV akan diperkenalkan di Smart TV Global Summit 2013


Sistem operasi (OS) TIZEN untuk platform Smart TV rencananya akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di acara Smart TV Global Summit 2013 yang akan berlangsung pada 7 November mendatang di hotel Renaissance, Seoul, Korea Selatan. Acara yang telah diselenggarakan untuk tahun yang keempat ini akan mengambil tema "Smart TV, Window to Smart Life!".

Imad SouSou, Head of TIZEN OS dan Direktur dari Intel Open Source Technology Center (OTC), akan menjadi pembicara utama yang mengawali acara ini dengan topik "Open Source as a Strategic Platform for Smart TV". Selain memperkenalkan OS TIZEN untuk Smart TV, Imad SouSou juga akan membahas tentang pentingnya Linux dan open souce sebagai platform strategis untuk industri Smart TV dan HTML5 sebagai kunci untuk standarisasi teknologi buat pengembangan aplikasi cross-platform.

Kontes aplikasi HTML5 buat Smart TV juga akan diluncurkan dalam acara ini oleh Kim Hyun-Seok, wakil presiden dari Samsung Visual Display dan chairman dari Smart TV Forum.


Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan, Industri dan Energi Korea (Ministry of Trade, Industry and Energy/MOTIE) untuk mempromosikan lingkungan pasar domestik, berbagi tren TV dan penyiaran global dengan para ahli industri yang terkait. Melalui acara ini, diharapkan bisa membangun fondasi daya saing ekosistem platform Smart TV domestik di pasar dunia dan memasuki pasar global buat perusahaan peralatan periferal.

Smart TV Global Summit 2013 diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 500 pelaku di industri Smart TV, termasuk produsen TV seperti Samsung dan LG Electronics, dan pengembang konten untuk Smart TV seperti Skype, Google, BBC, Cisco, Ubitus, NTT dan FourSquare. Beberapa ahli dari kalangan akademisi di Korea juga akan ikut dalam berbagai diskusi bersama pelaku industri yang mewarnai berbagai sesi yang ditampilkan dalam acara ini.

Sebelumnya pemerintah Korea melalui Telecommunications Technology Association of Korea (TTA) telah menetapkan standarisasi HTML5 untuk platform Smart TV. Hal ini memaksa perusahaan elektronik konsumen seperti Samsung Electronics dan LG Electronics, lembaga penyiaran seperti stasiun TV lokal, dan operator penyedia jasa terkait seperti SK Telecom, KT dan LG U+ untuk menggunakan software berbasis HTML5 buat produk mereka.

Dan Samsung Electronics sendiri melalui Co-CEO dan Presiden untuk divisi Consumer Electronics (CE), Yoon Boo-keun, telah menjanjikan akan meluncurkan TIZEN TV tahun depan.

No comments:

Post a Comment