Friday, November 8, 2013

Orange tunda peluncuran smartphone TIZEN

Yves Maitre (ketiga dari kiri) saat peluncuran TIZEN 2.0 di MWC 2013

Pada bulan Februari kemarin, Tizen Association telah meluncurkan OS TIZEN 2.0 di acara Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona, Spanyol. Yves Maitre, eksekutif yang bertanggung jawab atas handset di Orange, divisi nirkabel dari France Telecom dan salah satu anggota dari Tizen Association, mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan untuk merilis smartphone TIZEN di Prancis pada akhir tahun ini.

Waktu itu, Maitre mengatakan bahwa pihaknya telah mempekerjakan sekitar 10 engineer untuk mengkustomisai perangkat TIZEN yang akan mereka rilis mendatang. Pada saat itu, tampaknya seperti masih banyak waktu sebelum waktu perilisan tiba, tetapi pada akhirnya ketika sudah mendekati hari-h ternyata masih belum cukup juga.

Menurut Maitre, untuk meluncurkan smartphone berbasis TIZEN sebelum akhir tahun tidak lagi masuk akal. Strategi yang mendasarinya membutuhkan tambahan waktu pengerjaan, bahkan sayangnya untuk hal itu juga berarti bahwa produk pertama mereka harus ditunda, katanya.

"Kami menilai kembali strategi kami bersama-sama dengan komunitas TIZEN tentang cara untuk terjun ke pasar dan apa artinya dalam hal fitur, penentuan poin harga dan posisi pasar," kata Maitre.

Oranye dipaksa berpikir ulang sebagian karena menurut apa yang dikatakan Maitre setelah mereka mengambil banyak pelajaran dari peluncuran perangkat pertama berbasis Firefox OS dari Mozilla, yang untuk rilis awalnya mengalami banyak persoalan dengan masalah kinerja. Menurut maitre, para pengguna smartphone low-end minimal menginginkan sesuatu yang dapat bersaing dengan smartphone Android entry-level, termasuk produk-produk yang merupakan keluaran dari Orange sendiri.

Untuk saat ini, Maitre tidak mau mengatakan kapan ia mengharapkan Orange bisa untuk mulai menjual smartphone berbasis TIZEN, karena masih menjadi bahan diskusi yang sedang berlangsung di tingkat eksekutif perusahaannya. Tapi dia menegaskan bahwa Orange masih bertujuan untuk meningkatkan persaingan di antara platform smartphone dengan dukungan buat TIZEN.

Samsung sendiri juga tidak mau mengatakan kapan smartphone pertama berbasis OS TIZEN akan tiba buat konsumen.

"Samsung telah aktif bekerja pada ekosistem TIZEN, bersama dengan anggota Tizen Association dan mitra. Smartphone berbasis TIZEN pertama akan dirilis melalui kerjasama dengan operator seluler dan mitra ekosistem. Samsung berkomitmen untuk memberikan pengalaman mobile terbaik yang didasarkan pada platform terbuka dan ekosistem yang sepenuhnya telah siap di sekitarnya," kata juru bicara dari Samsung Electronics.

Sebelum TIZEN, Samsung pernah meluncurkan platform software bada untuk smartphone pada tahun 2010, jadi mereka mengerti bahwa untuk sukses di bisnis ini yang dibutuhkan adalah ekosistem yang siap untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pengalaman adalah pelajaran paling berharga yang mungkin belum pernah dialami oleh pembuat platform mobile baru lainnya seperti Mozilla (Firefox OS), Canonical (Ubuntu Touch) dan Jolla (Sailfish).

Disamping pengembangan OS TIZEN yang terus berlangsung (hingga versi 2.2 untuk saat ini, walaupun belum ada perangkat komersial satupun), serangkaian kegiatan pengumpulan aplikasi dan konten buat ekosistem TIZEN juga terus diadakan tanpa henti di berbagai negara.


Via PCWorld

No comments:

Post a Comment