OpenCL dan WebCL telah tersedia sebagai add-on untuk TIZEN SDK 2.2.1


Yannick Pellet dan tim yang dipimpinnya dari Samsung Advanced Software Platform Lab di California, Amerika Serikat, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengintegrasikan sebuah add-on untuk TIZEN SDK 2.2.1 yang menyediakan dukungan untuk OpenCL untuk CPU ARM CPU dan WebCL.

OpenCL adalah standar terbuka dari Khronos Group mendefinisikan API dan model pemrograman untuk memungkinkan komputasi paralel pada platform heterogen (CPU multi-core, GPGPU). Sedangkan WebCL - yang juga ditentukan oleh Khronos Group - mendefinisikan JavaScript binding untuk OpenCL dan memungkinkan pengembang aplikasi web untuk menggunakan akselerasi yang disediakan oleh OpenCL. API ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi dengan memanfaatkan paralelisme dari prosesor multi-core, yang terutama dirancang untuk tugas-tugas komputasi yang intensif, seperti pengolahan grafis, simulasi fisik, game, animasi 3D, komputasi fotografi, dll.

Add-on baru untuk TIZEN ini adalah implementasi yang dbuat oleh tim Samsung Advanced Software Platform Lab untuk OpenCL 1.1 buat CPU ARM. Add-on ini bekerja dengan perangkat referensi TIZEN RD-PQ (https://wiki.tizen.org/wiki/Reference_Device-PQ) - yang juga dikenal sebagai "perangkat TIZEN untuk pengembang" - yang menjalankan prosesor quad-core ARM Cortex-A9.

Implementasi WebCL adalah sedekat mungkin yang bisa Anda dapatkan ke draft spesifikasi saat ini. (Spesifikasi belum diratifikasi belum tapi Tasneem Brutch - yang mengepalai webCL working group pada WebCL dan juga anggota dari Samsung Advanced Software Platform Lab - memberitahu bahwa itu sudah semakin dekat).

Implementasi WebCL adalah versi plugin tapi Yannick Pellet bersama timnya juga bekerja pada versi yang terintegrasi (https://github.com/SRA-SiliconValley/webkit-webcl) - yang akan memiliki kinerja yang jauh lebih baik.

Add-on hanya mendukung Linux untuk saat ini dan masih ada keterbatasan - seperti misalnya untuk yang berkaitan dengan kompilasi kernel, jadi silakan baca 'release note' dan 'developer guide' dengan cermat.

"Ini benar-benar hanya langkah kecil untuk pengembang aplikasi yang ingin mulai bermain-main dan bereksperimen dengan teknologi, terlibat dengan kami pada topik dan mendapatkan feeling untuk sesuatu yang akan datang. Hanya ada binari untuk saat ini tetapi sampel aplikasi akan datang dengan itu yang terbuka," kata Yannick Pellet dalam posting di blog pribadinya. "Ini hanya awal - yang lebih banyak akan datang - seperti biasa kami menyambut masukan, partisipasi, umpan balik (silakan beritahu kami jika Anda menemukan bug atau sesuatu yang rusak)."

Anda bisa bisa mengunduh add-on OpenCL dan WebCL untuk TIZEN SDK 2.2.1 di:
https://developer.tizen.org/downloads/add-on-sdks#opencl