Intel: TIZEN 3.0 akan meluncur awal 2014, untuk semua perangkat elektronik


Imad SouSou, Head of TIZEN OS dan Direktur dari Intel Open Source Technology Center (OTC), menjadi pembicara utama dalam acara Smart TV Global Summit 2013 yang berlangsung hari ini di hotel Renaissance, Yeoksam-dong, Seoul, Korea Selatan. Dalam presentasinya dengan topik "Open Source as a Strategic Platform for Smart TV", Imad SouSou mengatakan bahwa sistem operasi (OS) TIZEN memiliki peranan yang strategis dalam menumbuhkan platform open souce untuk industri Smart TV dan melakukan standarisasi teknologi buat pengembangan aplikasi cross-platform berbasis HTML5.

"TIZEN bisa diterapkan dalam berbagai produk, perangkat mobile, Smart TV, printer , kamera, dan lainnya," kata Imad SouSou. "TIZEN tidak difokuskan untuk setiap bidang yang digeluti oleh sebuah perusahaan, tetapi pada layanan mobile dan virtualisasi."

Menurut Imad SouSou, penggunaan HTML5 sebagai dasar untuk pengembangan aplikasi di TIZEN menjadi keuntungan terbesar karena dapat digunakan pada berbagai terminal yang berbeda. "TIZEN mengkonsolidasikan seluruh proyek open source pada satu OS, sehingga bisa dibuat di mana saja dimana Anda bisa menggunakannya dengan nyaman," katanya. Juga "secara konsisten bisa digunakan dalam berbagai perangkat, setelah disesuaikan, dan tergantung pada tujuan penggunaan masing-masing," katanya.

Tizen Association yang beranggotakan 12 perusahaan, termasuk perusahaan hardware seperti Samsung Electronics, Intel, Huawei, Fujitsu dan Panasonic, serta operator telekomunikasi seperti SK Telecom, NTT DoCoMo, KT, LG U+, Vodafone, Orange dan Sprint, dimana setiap anggota memiliki tujuan masing-masing dan bisa mengembangkan TIZEN sesuai dengan tujuan mereka sendiri. "Setiap pemangku kepentingan berusaha menjaga asas netralitas dalam operasional mereka," kata Imad SouSou.

Linux menjadi unsur terpenting dari TIZEN untuk tetap menjadi platform open source. "130 juta smartphone saat ini berbasis Linux, begitu juga dengan 90% dari komputer yang memiliki spesifikasi tertinggi. Begitu juga dengan 9 dari 10 situs internet berbasis Linux," kata Imad SouSou sambil menyebut Twitter, YouTube, Amazon dan Facebook.

Di akhir presentasinya Imad SouSou mengatakan bahwa semua fitur di TIZEN akan dioptimalkan saat peluncuran TIZEN 3.0 pada awal tahun depan. TIZEN 3.0 ini akan mengakomodasi semua perangkat elektronik, termasuk Smart TV tentunya.