Fitur terbaru TIZEN 3.0 diumumkan saat TDSK13: akun multi-user, arsitektur 64-bit dan 3D UI


TIZEN 3.0 baru akan meluncur tahun depan, namun tim TIZEN Technical Steering Group (TSG) sudah mulai mengungkap beberapa fitur utamanya saat berlangsungnya Tizen Developer Summit Korea (TDSK) 2013 yang berlangsung pada hari ini dan besok di Seoul, Korea Selatan. Pembicara utama atau keynote di TDSK13 mengatakan bahwa TIZEN 2.2.1 yang baru diluncurkan kemarin sudah komplit fiturnya untuk bisa digunakan pada smartphone, sehingga mereka sudah melanjutkan pengembangan sistem operasi (OS) TIZEN ke versi berikutnya.

Fitur utama TIZEN 3.0 yang diumumkan, selain upgrade inti OS dan toolchain, adalah dukungan untuk akun multi-user. Jadi pengguna bisa membagi perangkat TIZEN yang mereka gunakan dalam beberapa profil yang berbeda layaknya penggunaan pada komputer PC dengan beberapa proteksi, termasuk juga dukungan untuk admin dan guest.

Dari sisi hardware, TIZEN 3.0 juga sudah siap digunakan pada arsitektur 64-bit, baik untuk chip IA (Intel Architecture x86) dan ARM. Tim TIZEN TSG sudah mengerjakan versi 64-bit pada TIZEN sejak versi 2.0, namun baru akan siap untuk digunakan sejak versi 3.0 mendatang, termasuk dukungan pengalamatan ruang memori yang lebih besar (misalnya RAM 4GB keatas).


Dari sisi user experience (UX), TIZEN 3.0 membawa dukungan 3D UI framework dan dynamic animation library. Para pengembang aplikasi bisa memanfaatkan 3D rendering engine untuk membuat obyek 2D dan 3D dalam dunia 3D.


TIZEN 3.0 juga membawa kompositor baru untuk grafis berbasis Wayland sebagai pengganti X. Penggantian ini diklaim untuk membawa kinerja aplikasi yang lebih baik melalui arsitektur yang lebih ringan dan footprint yang lebih kecil. Selain itu juga HTML5 application runtime baru melalui proyek open source crosswalk yang dikembangkan oleh Intel yang berbasis Chromium/Blink. Penggantian ini untuk membawa aplikasi web bisa setara dengan aplikasi native dalam hal fitur, kinerja dan keamanan.


Walaupun TIZEN 3.0 seakan-akan dikhususkan buat perangkat high-end, terutama lewat dukungan arsitektur 64-bit, namun masih ada profile baru Tizen Mobile Lite untuk perangkat low-end. Lewat Tizen Mobile Lite, smartphone TIZEN diklaim masih akan bisa berjalan mulus di perangkat yang memiliki spesifikasi hardware RAM 256MB, ROM 512MB dan layar beresolusi HVGA dan QVGA.


Smartphone TIZEN pertama rencananya akan dirilis pada Q1 2014, sementara TIZEN 3.0 rencananya akan meluncur pada Q3 2014.