Systena pamer software personalisasi dengan NFC untuk TIZEN IVI di CEATEC JAPAN 2013


Systena yang sebelumnya dikenal sebagai pembuat tablet TIZEN pertama di dunia, kali ini juga ikut memamerkan software unik yang berbasis Human Machine Interface (HMI) untuk TIZEN IVI di pameran Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) JAPAN 2013, yang diadakan selama lima hari dari 1-5 Oktober 2013 di Makuhari Messe (Mihama Ward, Chiba City), Tokyo, Jepang.

Software buatan Systena ini bisa mengubah tampilan HMI pada TIZEN IVI sesuai dengan selera dan kepribadian Anda. Solusi ini memanfaatkan informasi pengemudi dan juga fungsi Mobile FeliCa yang menggunakan konektivitas Near Field Communication (NFC) yang menghubungkan antara smartphone dan sistem IVI untuk mengenali pengemudi.

Dekatkan ponsel ber-NFC ke system IVI untuk layanan pengemudi pribadi

Felica adalah singkatan dari Felicity Card, yaitu sebuah smart card contactless yang menggunakan sistem RFID yang dikembangkan oleh Sony untuk e-money card. Sedangkan Mobile FeliCa merupakan modifikasi dari FeliCa untuk digunakan dalam ponsel oleh Felica Networks, sebuah anak perusahaan dari patungan NTT DoCoMo dan Sony. DoCoMo telah mengembangkan wallet phone bernama Osaifu-Keitai (おサイフケータイ) yang didasarkan pada Mobile Felica dan telah mengembangkan jaringan kemitraan dan model bisnis yang luas untuk produk mereka dan produk mitra mereka di luar Jepang.

Tampilan HMI di TIZEN IVI untuk pengemudi wanita

Tampilan HMI di TIZEN IVI untuk pengemudi pria

Fungsi wallet phone telah diakomodasi melalui demontrasi dari Systena. Dengan mendekatkan ponsel yang memiliki fungsi NFC milik pengemudi ke system IVI pada mobil, software buatan Systena ini secara otomatis akan mengubah tampilan HMI sesuai dengan pribadi pengemudi. Melalui analisis preferensi pengguna yang telah melakukan login ke Facebook, dan software ini kemudian juga bisa menyesuaikan tampilan pada rekomendasi peta sesuai dengan personalisasi pengguna.

Rekomendasi lokasi yang disarankan di peta setelah login ke Facebook

Distribusi kupon wallet phone

Selain itu, dukungan untuk fitur NFC yang direncanakan untuk TIZEN IVI 3.0 membuat Systena juga menambahkan dukungan perangkat tambahan seperti kontrol Bluetooth dan NFC secara independen pada software mereka yang masih berbasis TIZEN IVI 2.0 yang belum mendukung konektivitas tersebut.


Via Impress Watch (Jepang)