Space Tap, game aksi puzzle yang menantang untuk TIZEN


Space Tap yang dikembangkan oleh Playing Species adalah game aksi puzzle yang rumit yang menuntut pemainnya untuk berpikir cepat dan bertemperamen dingin karena banyak tipuannya. Menggabungkan aspek dari menggambar garis (line drawing) dan genre tower defence, pemain mengambil peran di ruang pengendali luar angkasa (Space Controller) yang tugasnya adalah untuk memastikan kelancaran bisnis pengiriman intergalaksi mereka. Tujuannya sederhana, memandu kapal pengiriman ke dermaga pemuatan yang berwarna sama dengan menggambar garis bagi kapal-kapal untuk diikuti. Begitu muatan sudah dibongkar, kargo akan mengirim mereka kembali ke ruang angkasa.

Sekilas terkesan mudah pada awalnya, namun permainan yang mulai bertambah cepat menjadikan situasi semakin panik karena semakin banyak kapal tiba untuk membongkar muatan. Banyak masalah kemudian timbul seperti stasiun docking yang terlalu sedikit, kapal saingan yang mulai mengacaukan rute atau asteroid yang membesar, menjadikan tugas yang awalnya sederhana menjadi luar biasa menantang.

Dengan grafis indah yang berdefinisi tinggi (HD), berbagai peta yang berbeda dan pengaturan tingkat kesulitan menjadikan game ini memiliki banyak pesona dan semakin menantang untuk terus diulang lagi dan lagi.


"Kami memulai Space Tap sebagai proyek yang menyenangkan tanpa desainer game atau harapan apapun. Tujuannya adalah untuk mengerjakannya dalam waktu yang wajar, malam demi malam, tepat setelah kita bekerja. Kami suka tema ruang angkasa dan gagasan menggambar jalur untuk gelombang masuk kapal tampaknya layak untuk kita kerjakan. Butuh waktu dua kali lebih lama seperti yang diperkirakan sebelumnya, termasuk 2 bulan tanpa menyentuh proyek sama sekali, tapi kami tidak menyesal, kami telah belajar banyak," kata Daniel Musil, CTO dari pengembang Playing Species yang berbasis di Republik Ceko.

Space Tap akan menjadi salah satu game pertama yang dirilis untuk TIZEN yang dibuat dengan Marmalade. "Marmalade memberi kita dukungan TIZEN beta selama beberapa kali mereka. Ya, ada beberapa bug, selalu ada beberapa, tapi tidak ada 'show-stopper' dan setiap iterasi berikutnya dari dukungan beta adalah lebih baik daripada yang terakhir."

"Dukungan untuk TIZEN tidak berbeda dengan platform lainnya. Beberapa bug yang kami temui dengan cepat ditangani oleh Marmalade dan kami senang kami bisa menjangkau platform baru dengan game kami begitu mudah.​"


"Marmalade menjadi solusi bagi kita untuk dengan cepat mengembangkan game di C++ yang menargetkan beberapa platform sekaligus," kata Daniel Musil. "Kita menggunakan library yang lebih kecil, tapi efektif - Spine dari Esoteric Software untuk kerangka animasi 2D, librocket untuk GUI, RakNet untuk jaringan, YAML untuk konfigurasi cepat dan data lain tapi kami belum mengintegrasikannya dengan analisis atau iklan apapun sejauh ini."

Space Tap saat ini telah tersedia di Apple App Store, Google Play, BlackBerry World, dan Samsung Apps, dan tentu saja akan tersdia di TIZEN STORE saat perangkat TIZEN nanti sudah dirilis di pasaran.