Thursday, October 10, 2013

Qt for Tizen 1.0 Alpha 4 menambahkan dukungan untuk TIZEN IVI 3.0


Qt for Tizen 1.0 Alpha 4, aplikasi cross-platform dan framework pengembangan user interface untuk TIZEN, hari ini dirilis. Upgrade terbaru membawa solusi pengembangan baru melalui Qt Creator tunggal berbasis SDK yang menargetkan perangkat yang berjalan pada OS TIZEN, Android, iOS, sistem embedded, desktop, dan lainnya.

Qt for Tizen 1.0 Alpha 4 juga membawa integrasi yang lebih mendalam antara Qt dan TIZEN, diantaranya kini telah mendukung TIZEN IVI 3.0 (sebelumnya cuma mendukung TIZEN Mobile). Qt bekerja dengan Wayland, dimana merupakan subsystem display dari TIZEN IVI 3.0.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Qt Creator kini menjadi pusat dari pengembangan Qt yang berorientasi pada TIZEN SDK. Pengembangan dan penyebaran aplikasi C++ dan Qt Quick ke perangkat dan emulator sekarang bisa langsung melalui Qt Creator. Integrasi ini dimungkinkan melalui sebuah dedikasi plugin TIZEN yang telah dikonfigurasikan sebelumnya dan kit menggunakan tool standar pengembangan dan penyebaran TIZEN seperti Smart Development Bridge (sdb).

Selain itu beberapa bug sebelumnya pada penanganan sensor di smartphone, seperti tanggapan terhadap perubahan orientasi layar juga sudah diperbaiki. Update Qt for Tizen 1.0 Alpha 4 juga membawa dukungan Qt 5.2 Alpha, dimana dukungan untuk versi final direncanakan akan dirilis akhir November nanti.

Qt sekarang disampaikan melalui TIZEN RPM package di repositori khusus. Dukungan eksplisit untuk TIZEN IVI 3.0 (ia32), TIZEN Mobile 2.2 dan TIZEN Emulator 2.2. Modul dan fitur Qt secara hati-hati telah dipisahkan menjadi beberapa package untuk membuat integrator hardware menjadi lebih mudah, dimana totalnya ada 300 package.




Petunjuk instalasi bisa dilihat di: http://qt-project.org/wiki/Build-Qt-for-Tizen
Informasi lebih lanjut bisa dilihat di: http://qtfortizen.blogspot.com/2013/10/1.0alpha4.html

No comments:

Post a Comment