NTT DoCoMo perkenalkan OS TIZEN di CEATEC JAPAN 2013


Saat menjadi pembicara kunci di acara Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) JAPAN 2013, yang diadakan selama lima hari dari 1-5 Oktober 2013 di Makuhari Messe (Mihama Ward, Chiba City), Tokyo, Jepang, Ryoichi Sugimura, Director untuk Global Alliance Strategic Marketing Department di operator NTT DoCoMo dan Officer dari Tizen Association, memperkenalkan sistem operasi (OS) baru TIZEN kepada masyarakat Jepang.

Menurut Sugimura, OS TIZEN yang saat ini sedang dikembangkan untuk multi-device bertujuan untuk menghubungkan beberapa perangkat melalui layanan cloud serta mendukung komunikasi yang mulus antara manusia dan mesin. Proyek TIZEN berada di bawah naungan Linux Foundation, dengan melakukan unifikasi terhadap berbagai software open souce yang berjalan di Linux serta pengembangan dan distribusi untuk kode sumbernya yang terbuka untuk umum. Sementara Tizen Association memiliki peran untuk menghadirkan dan menjawab tantangan dan visi masa depan untuk berbagai perusahaan yang mendukung proyek TIZEN.

OS TIZEN untuk kamera digital saat ini sudah diterapkan dan dikomersialisasi, kata Sugimura, dan untuk perangkat lain akan dimulai secara bertahap.

Menurut Sugimura, inovasi teknologi sangat diperlukan dalam pengembangan TIZEN, terutama dalam hal komunikasi antara manusia dengan mesin agar tercipta hubungan yang nyaman, dimana ia mencatat bahwa komunikasi ini sangat berbeda dengan antara manusia dengan manusia.

Sugimura kemudian mencontohkan fitur Dynamic Box yang ada di TIZEN User Experience (UX), yang fungsinya untuk memberikan informasi penting atau terbaru tentang berbagai aplikasi yang berjalan di perangkat TIZEN. Dynamic Box ini berjalan di home screen pada TIZEN UX dan berisi komponen yang menunjukkan contoh atau tampilan singkat dari konten. Menurut Sugimura, Dynamic Box ini sangat penting dalam memenuhi unsur komunikasi antara manusia dan mesin demi kenyamanan pengguna, serta sangat cocok digunakan untuk perangkat yang memiliki layar terbatas seperti smartphone.(Penjelasan rinci tentang Dynamic Box bisa dibaca disini)

Di akhir pidatonya, Sugimura menekankan bahwa pesan utama dari TIZEN adalah "Not Give & Take, Give & Recieve." Melalui TIZEN, dia tidak mengharapkan mengambil sesuatu dari pengguna setelah memberikan perangkat dan layanannya, tapi hanya menerima sehingga tercipta hubungan positif yang saling menguntungkan.