Intel: Semua chip kita sudah 64-bit, dan lebih baik dari punya Apple


CEO Intel Brian Krzanich mengatakan bahwa proses manufaktur Intel untuk chip 64-bit miliknya lebih baik bila dibandingkan dengan chip A7 64-bit terbaru milik Apple. Hal ini diutarakannya ketika seorang analis mempertanyakan keuntungan dari proses manufaktur chip milik Intel dengan 14-nanometer, dibandingkan dengan 28-nanometer untuk chip Apple A7.

"Semua produk kami sudah 64-bit. Semua produk yang kami kirimkan saat ini sudah 64-bit. Dan jika Anda melihat hal-hal seperti kepadatan transistor. Dan jika Anda membandingkannya antara A7 dengan Bay Trail kami, yang memiliki teknologi 22-nanometer high-density, maka kepadatan transistor kita lebih tinggi dari A7," kata Brian Krzanich. "A7 adalah produk yang baik, tetapi kita lihat keuntungan Moore's Law dari 28 [nanometer] sampai 22, ketika Anda membandingkan teknologi kepadatan dengan teknologi kepadatan. Dan kami percaya 14-nanometer hanyalah perpanjangan dari Moore's Law. Artinya, dua kali dari kepadatan [22-nanometer]."

Umumnya, semakin kecil geometri dari chip, semakin maju proses manufaktur chip yang telah dilakukan dan dengan demikian akan lebih cepat dan/atau lebih hemat daya untuk chip yang dihasilkan. Intel mengklaim bahwa mereka telah melompat jauh di atas pemain industri chip lainnya dengan pindah ke pemrosesan 14-nanometer yang lebih mutakhir untuk pertama kalinya di dunia.

Krzanich juga meyakini bahwa para produsen PC dan perangkat mobile akan menggunakan Core "Haswell" untuk produk mainstream dan chip Atom Bay Trail untuk tablet.

"Sebagian besar tablet yang kita buat bersama mitra [hardware] menggunakan Bay Trail. Ada beberapa yang berbasis pada Core [Haswell]. Kebanyakan dari mereka adalah produk yang berbasis pada standar Core. Haswell Y akan menjadi sistem fanless atau 2-in-1 yang sangat rendah daya," katanya yang mengacu pada standar chip laptop Haswell dan chip Haswell seri Y yang lebih hemat daya.

Dan Krzanich menegaskan bahwa Bay Trail "clamshell," atau desain laptop tradisional, dengan layar sentuh akan muncul "pada harga $299, yang merupakan titik harga riil baru untuk perangkat berlayar sentuh, sehingga kita melihatnya terus tumbuh saat kita memasuki pasar di tahun berikutnya."


Via CNET