Huawei bergabung dengan TIZEN Technical Steering Group


Pada 28 Februari 2012, Huawei bergabung dengan Board of Director dari Tizen Association bersama-sama dengan 11 perusahaan lainnya. Kini Huawei juga bergabung dengan Kelompok Pengarah Teknis (Technical Steering Group) sebagai anggota bersama-sama dengan Samsung Electronics dan Intel untuk meningkatkan perannya dalam ikut mengatur perkembangan dari platform TIZEN.

Tizen Association (TA) adalah organisasi yang dibentuk untuk memandu peran industri dari TIZEN, termasuk pengumpulan persyaratan, identifikasi dan fasilitasi pelayanan model, dan pemasaran industri serta pendidikan secara keseluruhan. Singkatnya, perangkat komersial dan ekosistem TIZEN diatur dan menjadi tanggung jawab dari Tizen Association, yang beranggotakan operator telekomunikasi dan produsen handset yang tertarik untuk menjual perangkat maupun layanan software yang berbasis OS TIZEN.

Sedangkan TIZEN Technical Steering Group (TSG) adalah badan pengambilan keputusan utama untuk proyek open source, dengan fokus pada pengembangan platform dan pengiriman, bersama dengan pembentukan kelompok kerja untuk mendukung perangkat secara vertikal. Singkatnya perkembangan sistem operasi (OS) TIZEN diatur dan menjadi tanggung jawab TSG. TSG berada dibawah naungan Linux Foundation.

"Tujuan berkelanjutan kami adalah untuk bekerja erat dengan konsumen dan mitra kami untuk membawa proposisi handset yang benar-benar inovatif kepada konsumen di semua pasar dan ekosistem Tizen baru ini melengkapi daerah yang sudah ada untuk fokus dan menyediakan kesempatan baru untuk memperkuat merek Huawei di segmen mobile," kata Glory Zhang, juru bicara dari Huawei Device.


Berdasarkan dokumen milik NTT DoCoMo, Huawei bergabung dengan TSG pada saat berlangsungnya pameran Mobile World Congress (MWC) 2013 pada bulan Februari kemarin di Barcelona, dimana pada saat itu TA meluncurkan platform TIZEN 2.0 kepada publik.

Huawei Technologies Co Ltd yang berbasis di Shenzhen, China, didirikan 25 tahun lalu oleh veteran Tentara Pembebasan Rakyat Ren Zhengfei. Huawei saat ini adalah vendor ponsel terbesar keenam di dunia dan nomor dua dalam jaringan komunikasi global, bisnis yang tahun lalu membawa hampir tiga perempat dari total pendapatan mereka. Huawei sekarang mulai berkembang dalam bisnis perangkat untuk konsumen - yang menjual smartphone, tablet PC, dan dongle - secara agresif.

"Apapun yang disukai oleh konsumen, kita akan mengembangkannya," kata Wan Biao, CEO dari Huawei Device, dalam sebuah wawancara di kantor pusat perusahaannya. "Kami juga telah mencurahkan sumber daya ke dalam sistem operasi mobile yang akan datang berbasis platform kami saat ini dengan alasan jika perusahaan lain tidak akan membiarkan kita menggunakan sistem mereka satu hari nanti."

Dengan menjadi anggota TSG, Huawei telah menegaskan keseriusannya dalam menjadikan TIZEN sebagai platform utama mereka di masa depan.


Keterbukaan dan netralitas yang diperlihatkan oleh proyek TIZEN juga mulai menarik produsen perangkat mobile lainnya, seperti misalnya Sony dan ZTE yang ingin terlibat untuk mengkomersialisasikan perangkat TIZEN dalam portofolio produk mereka di masa depan. Di TIZEN, mereka tidak harus tunduk dan patuh pada satu perusahaan tertentu seperti pada platform mobile lainnya, misalnya Android dan Windows Phone, tetapi pada aturan bersama yang dipustuskan secara bersama antar anggota Tizen Association.


Selain itu, keterbukaan dan netralitas demi kepentingan bersama juga diterapkan dalam toko aplikasi TIZEN STORE. Berbeda dengan toko aplikasi ekosistem lainnya, seperti misalnya Apple App Store dan Google Play, yang dikelola oleh satu perusahaan tertentu demi keuntungan sepihak, di TIZEN toko aplikasi dikelola secara bersama demi keuntungan bersama.