Tuesday, September 10, 2013

Samsung Exynos 5 Octa dengan teknologi ARM big.LITTLE kini dilengkapi kemampuan Heterogeneous Multi-Processing


Samsung Electronics hari ini mengumumkan solusi Heterogeneous Multi-Processing (HMP) untuk prosesor aplikasi Exynos 5 Octa agar sepenuhnya bisa memaksimalkan manfaat dari teknologi ARM® big.LITTLE™. Kemampuan HMP memberikan desainer system-level kemampuan untuk mengembangkan solusi yang memberikan kombinasi yang tepat dari kinerja tinggi dan rendah daya untuk melaksanakan tugas-tugas seperti game 3D, augmented reality yang canggih dan browsing web yang kompleks.

"Ini biasanya diasumsikan bahwa CPU big akan melakukan semua pekerjaan dengan kinerja kritis, sementara core LITTLE yang hemat daya dapat menangani banyak beban kerja yang signifikan semuanya sendiri, sehingga terjadi beban kerja yang seimbang dalam sistem," kata Kim Tae-hoon, wakil presiden untuk pemasaran di divisi Sistem LSI di Samsung Electronics. "Pemrosesan big.LITTLE dirancang untuk memberikan kombinasi yang tepat dari prosesor untuk pekerjaan tertentu. Sebuah prosesor delapan core dengan HMP adalah bentuk sebenarnya dari teknologi big.LITTLE dengan manfaat tak terbatas untuk pengguna yang menginginkan produk mobile dengan performa tinggi, namun rendah daya."

"Teknologi ARM big.LITTLE multi-processing memberikan kinerja tertinggi dan efisiensi di berbagai beban kerja terluas," kata Noel Hurley, wakil presiden, Strategi dan Pemasaran, Divisi Processor di ARM. "Kami menyambut komitmen Samsung untuk penggelaran teknologi terdepan pada chip terbaru mereka yang menampilkan seri prosesor ARM Cortex™-A, GPU ARM Mali™ dan IP fisik ARM Artisan™."

HMP adalah model penggunaan yang paling kuat untuk teknologi ARM big.LITTLE, karena memungkinkan penggunaan semua core fisik pada waktu yang sama. Thread software dengan prioritas tinggi atau intensitas komputasi tinggi dapat dialokasikan untuk core Cortex-A15 'big' sementara thread dengan prioritas kurang atau komputasi yang kurang intensif, dapat dilakukan oleh core Cortex-A7 'LITTLE', memungkinkannya untuk pembangunan sistem yang sangat responsif, namun rendah daya.

Implementasi software sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dari teknologi big.LITTLE. Software multi-processing mengontrol penjadwalan eksekusi thread ke core yang sesuai. Pada versi sebelumnya dari software big.LITTLE, seluruh konteks prosesor pindah ke core 'big' atau turun ke core 'LITTLE' berdasarkan beban kerja yang diukur. Dalam studi mendalam dan analisis penggunaan beragam skenario memungkinkan Samsung untuk mencapai efisiensi dan kinerja tinggi, sambil mengelola tingkat daya untuk memberikan lingkungan pengguna yang optimal.

Solusi HMP bagi prosesor aplikasi Samsung Exynos 5 Octa akan tersedia untuk konsumen pada Q4 2013.

No comments:

Post a Comment