NTT DoCoMo dan TIZEN akan berpartisipasi di CEATEC JAPAN 2013 bulan depan


NTT DoCoMo, operator telekomunikasi terbesar di Jepang dan salah satu anggota dari Tizen Association, pada 17 September kemarin mengumumkan bahwa mereka akan berpartisipasi dalam pameran Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) JAPAN 2013, yang akan diadakan selama lima hari dari 1-5 Oktober 2013 di Makuhari Messe (Mihama Ward, Chiba City), Tokyo, Jepang.

Di CEATEC 2013, NTT DoCoMo akan menampilkan berbagai teknologi mutakhir mereka serta produk-produk baru yang akan dirilis di akhir tahun ini dan awal tahun depan. Di R&D Corner, DoCoMo akan menampilkan wearable device "Smart Glass" dengan teknologi pengenalan wajah (face recognition), dan demontrasi teknologi komunikasi generasi kelima (5G) sebagai pengembangan dari LTE-Advanced.

Sementara di New Area Corner, NTT DoCoMo akan menampilkan demontrasi dan hands-on teknologi pengolahan data berdasarkan informasi lokasi dan area base station dari ponsel untuk memberikan layanan yang sesuai dengan pengguna. Dan terakhir New Model Corner akan menampilkan serangkaian model smartphone yang akan dirilis oleh DoCoMo untuk musim dingin 2013-2014 mendatang.

Sesi khusus dan diskusi panel yang membahas sistem operasi (OS) baru TIZEN juga akan ikut menghiasi CEATEC JAPAN 2013, yang kali ini bertema "Smart Innovation – Technology for Future Society and Lifestyles."

Tema "Smart Innovation – Technology for Future Society and Lifestyles" mengandung arti bahwa industri IT & elektronik memegang janji untuk memberikan kontribusi besar terhadap strategi pertumbuhan penting seperti perluasan industri yang ada melalui penggunaan IT dan penciptaan industri baru melalui konvergensi di bidang yang berbeda. Inovasi teknis di IT & elektronik membuat gaya hidup dan masyarakat secara keseluruhan lebih nyaman dan lebih cerdas.

Selain pembicara utama dari wakil tiga organisasi yang menjadi dewan eksekutif CEATEC JAPAN di hari pertama, juga akan ada diskusi panel 4K/8K dan pidato tamu dari Intel Corporation. Setelah itu, berbagai pemain kunci dalam industri IT dan elektronik akan memberikan presentasi tentang tema-tema kunci seperti smart community, smart networking, dan smart devices hingga Jumat, 4 Oktober. Dan satu sesi yang pasti untuk mendapatkan banyak perhatian adalah diskusi panel yang meliputi TIZEN OS, Firefox OS, dan HTML5 dengan tema "Next-generation Smartphone OS (tentative)".

Diskusi panel dan gathering "Next-generation Smartphone OS (tentative)" yang membahas OS TIZEN akan menjadi diskusi multi-faceted mencakup alasan mengapa sistem operasi baru telah muncul dan keuntungannya bagi pengguna. Diskusi ini berlangsung pada hari Rabu, 2 Oktober, dalam sesi Smart SOHO yang juga mengetengahkan hands-on selama pameran dengan vendor ICT dan menciptakan gaya kerja baru melalui SNS dan kolaborasi work hubs berbasis cloud.