Samsung tunda pendaftaran Samsung Developer Conference 2013, apa alasannya?


Samsung hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menunda pendaftaran untuk pengembang yang mau mengikuti Samsung Developer Conference (SDC) 2013 yang akan berlangsung pada tanggal 27-29 Oktober mendatang di San Fransisco. Mereka beralasan karena tanggapan yang luar biasa maka diperlukan penyesuaian untuk sistem registrasi, yang rencananya akan dibuka pada hari Senin 26 Agustus mendatang.

Hingga hari ini masih banyak yang penasaran dengan tema dan tujuan diadakannya konferensi ini. Situs resminya sendiri hanya menampilkan tanggal, tempat dan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan konferensi. Hal ini kemudian memicu pejabat industri di Korea untuk membuat beberapa spekulasi berdasarkan tiga slogan yang tertulis: 'Engage with industry leaders', 'Collaborate with fellow developers', dan 'Learn about new Samsung tools and SDKs'.

Samsung Media Solution Center (MSC), terutama Media Solution Center America (MSCA) akan menjadi tuan rumah dari acara tersebut. MSC saat ini memimpin pengembangan teknologi yang berkaitan dengan 'TIZEN', dan dikenal sebagai Divisi Solusi Software yang terpisah dan independen dari 'Divisi Wireless'.

Dengan banyaknya rumor yang berspekulasi bahwa acara tersebut akan mencakup materi yang terkait dengan TIZEN, ada pula yang mengatakan bahwa Samsung akan mengungkap strategi mereka pada platform integrasi dan teknologi software termasuk Android, TIZEN dan Smart TV. Samsung sebenarnya berencana untuk merilis perangkat TIZEN bulan depan, namun rilis ini telah ditunda sampai Oktober.

Samsung sebelumnya pernah memang mengadakan konferensi serupa dengan pengembang untuk platform smartphone mereka 'bada', berusaha mendorong peserta untuk bergabung dalam ekosistem platform, tapi konferensi mendatang kemungkinan akan memiliki tema yang lebih luas.

Ketika ditanya tentang tema atau pembicara utama dari konferensi, seorang pejabat Samsung menjawab, "Kami akan mengungkapkan rinciannya ketika aplikasi pendaftaran telah dibuka."

Samsung bisa jadi telah mengatakan yang sebenarnya untuk alasan penundaan pendaftaran konferensi, dimana mereka saat ini sedang memperkuat server dan infrastruktur sebelum aplikasi pendaftaran benar-benar dibuka.

Meskipun mengatakan alasan penundaan karena banyaknya peserta yang diharapkan akan hadir pada acara tersebut, namun Samsung tidak memberi komentar jumlah maksimal peserta untuk acara ini. Dari fakta yang kita peroleh, tempat acara di Grand Ballroom Union Square hotel Westin St Francis di san Fransisco memiliki kapasitas tempat duduk hingga 1500 orang.