Thursday, August 29, 2013

Joyn, K-Apps dan OASIS akan dibenamkan di perangkat TIZEN


Operator telekomunikasi yang tergabung dalam Tizen Association akan mengerahkan kekuatan besar mereka bersama-sama dengan produsen perangkat Tizen untuk bisa mempromosikan aplikasi dan layanan konten bersama. Tiga layanan yang kemungkinan akan dibenamkan di perangkat TIZEN masing-masing adalah Joyn, K-Apps dan OASIS.

Joyn adalah layanan messaging yang dikembangkan oleh GSM Association (GSMA), sebuah organisasi yang beranggotakan perusahaan telekomunikasi dari seluruh dunia. Mirip dengan layanan mobile messenger lainnya, Joyn memungkinkan komunikasi secara one-to-one dan group chatting, berbagi video secara langsung, dan transfer file di setiap perangkat mobile pada jaringan apapun dengan siapa pun melalui phonebook milik konsumen.



Perusahaan Telekomunikasi yang tergabung dalam GSMA ini sudah lama berkeinginan mengambil alih lahan bisnis komunikasi mereka yang akhir-akhir ini dinikmati oleh pemain OTT (over-the-top) seperti WhatsApp, KakaoTalk, Line, dan WeChat. Beberapa anggota Tizen Association seperti Samsung, Huawei, SK Telecom, KT dan LG U+ sudah berkomitmen untuk menghadirkan layanan Joyn untuk konsumen mereka.

Sementara K-Apps atau KoreaApps lahir sebagai wujud dukungan pemerintah Korea untuk membangkitkan ekosistem HTML5 dinegaranya dan meningkatkan penggunaan teknologi web di Korea. Dengan dukungan perusahaan teknologi seperti Samsung Electronics dan semua operator yang ada di Korea, pemerintah Korea berharap layanan komersialisasi HTML5 ini bisa mendorong TIZEN sebagai sistem operasi generasi berikutnya dan makin mengurangi ketergantungan kepada toko aplikasi asing seperti Google Play Store dan Apple App Store.

Layanan K-Apps mendapat dukungan penuh dari seluruh operator di Korea, termasuk SK Telecom, KT dan LG U+, yang kebetulan semuanya sudah masuk dalam keanggotaan Tizen Association. K-Apps mendasarkan aplikasi berdasarkan WAC (Wholesale Applications Community) Web Runtime berbasis teknologi HTML5. Saat berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2013 pada bulan Februari yang lalu di Barcelone, GSMA mengumumkan kehadiran OneAPI Exchange sebagai inisiatif baru yang menggabungkan pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya oleh WAC, yang diintegrasikan ke dalam GSMA di bulan Juli 2012.

Sedangkan OASIS atau “One Asia Super Inter-Store” adalah sebuah toko aplikasi bersama untuk smartphone yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran aplikasi HTML5 diantara negara-negara di Asia. NTT DoCoMo dari Jepang, KT dari Korea Selatan dan China Mobile dari China sendiri telah membentuk aliansi strategis untuk framework OASIS tahun lalu.

"Peningkatan kemungkinan HTML5 sebagai platform baru adalah upaya untuk melarikan diri dari pengaruh Apple dan Google," kata seorang pejabat senior dari industri komunikasi mobile di Korea. "HTML5 sebagai standar global yang terbuka akan melengkapi sistem operasi berbasis web seperti TIZEN untuk menjadi semakin kompetitif dan kuat," katanya.

1 comment:

  1. koq asia banget ya aplikasi aplikasinya, ragu bisa menarik minat negara barat.
    dan saya rasa Joyn biarpun didukung banyak pihak, koq perasaan nasibnya bakal sama dengan ChatOn , orang sudah terbiasa dengan IM lama dan males pindah

    ReplyDelete