Smartphone TIZEN dari NTT DoCoMo akan terintegrasi dengan layanan messaging LINE


Pada musim panas tahun ini, operator telekomunikasi terbesar di Jepang NTT DoCoMo akan merilis smartphone pertama yang menjalankan sistem operasi (OS) TIZEN. Menurut Presiden dan CEO dari NTT DoCoMo Kaoru Kato, smartphone TIZEN ini akan menghadirkan beberapa fitur yang mudah digunakan oleh pengguna, salah satunya adalah layanan messaging LINE yang memang sangat populer disana.

"LINE" adalah platform yang berpusat pada obrolan [chatting]. Saya ingin memperdalam integrasi [dengan smartphone TIZEN]," kata Kaoru Kato dalam wawancara dengan Impress Watch hari ini.

Dengan memperdalam integrasi, tampaknya NTT DoCoMo ingin menghadirkan pengalaman yang mendalam dalam pengganaan fitur-fitur dari LINE di smartphone TIZEN. Untuk itu, Kaoru Kato mengaku pihaknya telah bekerjasama dengan LINE untuk memaksimalkan berbagai karakterikstik dan layanan dari LINE dan DoCoMo termasuk panggilan gratis melalui VoIP yang menjadi tren saat ini.

Sebagai OS baru, banyak yang harus dipersiapkan untuk kehadiran perangkat TIZEN pertama ini. Hal inilah yang menurut Kaoru Kato memakan waktu yang agak lama untuk memasukkan berbagai fitur dan layanan sebelum benar-benar merilisnya di pasaran.