Pantech akan ikut merilis smartphone TIZEN?


Samsung Electronics dan Pantech telah sepakat untuk bekerja sama dalam distribusi produk mereka. Konsumen akan bisa membeli produk smartphone seri Vega di Samsung Mobile Shop, dan sebaliknya smartphone Galaxy akan bisa dijumpai di toko-toko ritel Lots milik Pantech.

"Kami berharap bisa meningkatkan penjualan setelah terus membuat terobosan untuk memperluas saluran distribusi buat produk kita," kata juru bicara dari Pantech.

Kerjasama yang diumumkan oleh kedua perusahaan pada 1 Juli kemarin ini adalah salah satu dari beberapa kesepakatan antara kedua pihak setelah Samsung Electronics berinvestasi senilai 53 miliar won (sekitar 462 miliar rupiah) untuk menolong Pantech pada bulan Mei kemarin.

Sebelumnya Pantech menjual handset melalui subkontraktor yang menghasilkan aksesoris untuk perangkat mobile, dan mereka terus kesulitan berjuang di pasar dengan keterbatasan produk mereka di beberapa toko. Dengan kerjasama baru ini, Pantech akan dapat meningkatkan sirkulasi produk dan brand awareness dengan menggunakan gerai ritel milik Samsung.

Namun tidak sampai disini, kalangan industri di Korea memandang seberapa jauh kedua perusahaan akan bekerjasama dan pergi bersama-sama, setelah investasi ekuitas Samsung dalam distribusi dan produk Pantech yang notabene adalah pesaing mereka.

"Kita belum membahas kerjasama lebih lanjut, seperti pemasaran internasional," kata juru bicara dari Pantech. "Namun, mempromosikan sistem operasi independen masa depan Samsung [TIZEN] dan penggunaan prosesor aplikasi [Exynos] adalah langkah-langkah yang sedang kita pertimbangkan untuk meminjamkan kekuatan mereka."

Pantech dikenal memiliki lini smartphone high-end dengan desain yang mewah dan revolusioner. Produk-produk mereka sering menyabet penghargaan internasional untuk keindahan desainnya, dan akan sangat cocok jika bersanding dengan produk smartphone TIZEN dari Samsung jika memang mengikuti alur desain dari seri Wave, bukan Galaxy.