NAMCO Bandai: Kemampuan TIZEN sudah mendekati konsol game dan PC


Game adalah salah satu platform yang ingin dibidik oleh TIZEN melalui berbagai perangkat yang didukung, seperti smartphone, tablet dan Smart TV. Oleh karena itu, software TIZEN telah dipersiapkan untuk mendukung berbagai fitur, spesifikasi dan hardware gaming terbaru, termasuk menjalin kerjasama dengan berbagai pelaku industri game yang telah ada.


Menurut Hiroyuki Kobota, Director - Principal Engineer dari NAMCO Bandai Games, perusahaan pengembang dan penerbit game terkemuka yang berbasis di Jepang, spesifikasi dari TIZEN telah mendekati platform game terbaik, baik itu konsol game maupun PC. Kobota mengatakan hal ini berdasarkan pengalamannya memporting beberapa game buatan perusahaannya ke platform TIZEN.

Paling cepat hanya dibutuhkan waktu 1,5 minggu untuk memporting game ke TIZEN, namun ini hanya ke versi Alpha, kata Kobota. Dia mengaku tidak familier dengan bahasa pemrograman Web, seperti JavaScript maupun HTML5, jadi semuanya dilakukan secara native memanfaatkan bahasa C++, OpenGL untuk grafis, OpenAL untuk audio dan dicompile dengan standar GCC yang didukung oleh TIZEN.

Sebagai platform baru, pengembangan game untuk TIZEN telah didukung oleh beberapa penyedia game engine terkemuka, seperti Havok, Scirra, Unity, GameSalad, dan YoYo Games, sehingga memberikan kemudahan untuk pengembang dan penerbit game untuk membuat atau memporting game mereka yang sudah ada ke TIZEN.

Sebelumnya Samsung Electronics dikabarkan telah menyiapkan dana besar hingga puluhan miliar won untuk terjun dalam bisnis game dengan memanfaatkan ekosistem game TIZEN untuk perangkat mereka yang ada seperti smartphone, tablet dan Smart TV. Beberapa perusahaan-perusahaan game besar di industri smartphone, seperti Com2Us dan Gamesville, portal game besar seperti NHN, beberapa start-up dan pengembang game independen telah berada di daftar kontak Samsung.


Samsung Games adalah salah satu layanan yang telah dimasukkan ke TIZEN, dan Samsung juga aktif menyebarkan software mereka ke pengembang game, termasuk memberikan training gratis pengembangan game dan merekrut beberapa pengembang game potensial.