Linux kernel 3.10 telah dirilis


Versi terbaru dari Linux kernel 3.10 telah dirilis setelah ditunda sebentar dan menjanjikan perbaikan yang signifikan atas pendahulunya untuk pengguna perangkat solid state drive (SSD), chip grafis Radeon dari AMD dan chip ARM dari Samsung dengan arsitektur big.LITTLE.

Diumumkan pada 30 Juni kemarin oleh pendiri Linux Linus Torvalds, perilisan sempat ditunda sehari. "Jadi saya tunda ini sehari, untuk mempertimbangkan apakah akan melakukan -rc [release candidate] yang lain, tapi kemudian diputuskan bahwa tidak ada cukup terbalik," kata Linus Torvalds dalam pengumuman resminya. "Dengan kata lain, saya bisa benar-benar telah melakukannya dengan cara baik, tapi memutuskan bahwa tidak ada alasan yang cukup untuk mematahkan pola yang normal dari 'rc7 sebagai rc terakhir sebelum rilis'."

Linux kernel 3.10 membawa banyak fitur baru, di antaranya checksum metadata untuk XFS filesystem, peningkatan skalabilitas semaphore, dukungan extent kecil untuk filesystem Btrfs, Bcache untuk SSD, dan banyak lagi. Juga mencakup sejumlah perbaikan driver, salah satunya untuk mengakses IR receiver di hardware Mac modern. Perubahan network stack untuk meningkatkan kinerja koneksi HTTP.

Perubahan lain dalam Linux kernel 3.10 termasuk tweak untuk fix Samsung UEFI yang akan mencegah mekanisme write-blocking yang dirancang untuk melindungi perangkat dari bricking dari triggering pada perangkat yang tidak terpengaruh oleh kesalahan, dan dukungan untuk berjalan pada chip ARM dengan arsitektur big.LITTLE.

Perubahan utama dari Linux kernel 3.10:
  • Timer free multitasking;
  • Penambahan Bcache, lapisan cache blok untuk caching SSD caching;
  • Dukungan extent kecil untuk Btrfs filesystem;
  • XFS metadata checksums;
  • Perbaikan skalabilitas SysV IPC;
  • Perbaikan skalabilitas Semaphores;
  • Penambahan TCP Tail loss probe algorithm;
  • Dukungan MIPS KVM.

Tapi itu tidak semua, Linux kernel 3.10 juga mencakup fix, perbaikan dan patch untuk manajemen memori, CPU scheduler, jaringan, kripto, virtualisasi, keamanan, tracing/Perf, dan area file system. Untuk daftar lengkap dari semua driver yang baru ditambahkan, serta perangkat baru yang didukung dan perbaikan secara keseluruhan, bisa melihat Linux kernel 3.10 DriverArch page dan pada changelog resmi.