CEO baru Intel akan fokus ke chip mobile dan wearable device


CEO Intel yang baru, Brian Krzanich, pada Jumat (28/6) kemarin mengatakan bahwa perusahaannya akan mempercepat peluncuran chip untuk smartphone, tablet dan wearable device setelah konsumen kini mulai meninggalkan komputer personal atau PC. Sementara untuk Smart TV, pihaknya akan lebih berhati-hati dan terus memantau model bisnis ini sebelum memutuskan terjun ke dalamnya.

"Kami percaya kami memiliki user interface yang luar biasa dan teknologi kompresi-dekompresi yang fantastis," kata Krzanich kepada Reuter. "Tapi pada akhirnya, jika kita ingin memberikan layanan maka akan bermuara pada konten. Kami bukan pemain konten yang besar."

Dalam pertemuan pertama mereka dengan wartawan sejak dipromosikan pada bulan Mei yang lalu, Krzanich dan Presiden Intel Renee James mengatakan bahwa perangkat komputasi yang dapat dikenakan (wearable device) akan menjadi medan pertempuran utama bagi pemain industri mobile. Krzanich memberi contoh Google Glass untuk wearable device dan dalam beberapa tahun ke depan perusahaannya akan lebih fokus pada item untuk mata dan telinga, serta gelang dan jam tangan.

"Saya pikir Anda akan mulai melihat barang-barang dengan menggunakan silikon kami menjelang akhir tahun dan awal tahun depan," kata Krzanich. "Kami sedang berusaha untuk memberikan silikon kami ke beberapa dari mereka, membuat beberapa untuk kita sendiri, memahami penggunaannya dan menciptakan ekosistem."

Krzanich dan James mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan mereka, Intel akan memberikan lebih banyak prioritas buat chip mobile Atom. Kontras dengan masa lalu, dimana sumber daya manufaktur yang mutakhir dari Intel kebanyakan disediakan untuk membuat chip PC yang kuat, dengan chip Atom dibuat pada lini produksi yang lebih tua.

"Kami melihat Atom yang sekarang pada kepentingan yang sama, diluncurkan pada teknologi mutakhir yang sama, yang kadang-kadang bahkan datang sebelum Core (lini chip Intel untuk PC)," kata Krzanich.

"Kami sedang dalam proses melihat semua roadmap kita dan mengevaluasi pemilihan waktu yang tepat untuk beberapa produk tersebut. Jadi bisa dikatakan ada beberapa yang ingin kita percepat."


Via Reuter