W3C rilis rancangan kerja HTML 5.1


World Wide Web Consortium (W3C) telah merilis rancangan kerja (working draft) baru untuk HTML markup language, dimana versi 5.1 dari markup language saat ini sedang dikembangkan. Rancangan atau draft dari dokumen kedua ini menjelaskan perbedaan antara kondisi pengembangan saat ini dan versi utama (major) sebelumnya, HTML 4. Draft kedua ini berisi semua rincian yang berpengaruh pada HTML5, atau update HTML 5.1, dibandingkan dengan HTML4 dalam urutan kronologisnya.

Lebih dari 40 modifikasi telah terdaftar selama rentang waktu antara September 2012 hingga 6 Mei 2013. Perubahan banyak terdapat pada elemen dan rincian implementasi atribut, misalnya W3C telah membuang elemen hgroup, elemen img sekarang mendukung "progress events" (untuk mengukur kemajuan event), dan elemen time atribut datetime kini harus dieja sebagai dateTime di DOM IDL. Pada akhir Mei, W3C juga merilis working draft baru untuk Level 2 dari konteks 2D elemen kanvas.

W3c juga telah menyediakan tiga dokumen untuk tujuan history, dimana dokumen-dokumen ini telah diskontinyu - HTML5: Edition for Web Authors dan HTML: The Markup Language (an HTML language reference) - atau diintegrasikan ke dalam spesifikasi HTML5 (main element - an HTML5 extension specification).

Kembali pada bulan Juli 2012, W3C dan Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG) telah mengakhiri kerjasama pengembangan mereka untuk standarisasi, dan pada Desember 2012, W3C telah menyatakan pengembangan HTML5 telah "selesai" dan merilis draft "nightly" pertama dari versi baru. W3C berencana untuk menyelesaikan standarisasi HTML5 dengan merilisnya sebagai "recommendation" pada tahun 2014.