Open IPTV Forum rilis HTML5 profile untuk Smart TV


Open IPTV Forum (OIPF) telah menerbitkan profile untuk HTML5, CSS3, DOM3 dan teknologi web terkait lainnya yang bertujuan untuk layanan Smart TV atau Connected TV dan perangkat yang mengimplementasikan sebuah lingkungan aplikasi berbasis browser.

Profile umum yang diterbitkan ini berdasarkan pada teknologi web terbaru dan yang paling stabil yang didefinisikan oleh W3C yang diharapkan dapat diimplementasikan oleh produsen Smart TV dan dapat diandalkan oleh pengembang aplikasi dan konten serta penyedia layanan untuk membuat aplikasi HTML5 yang kaya. Profile tersebut menghindari ekstensi atau modifikasi ke salah satu teknologi yang direferensikan oleh W3C, tetapi mendefinisikan subset dari spesifikasi yang telah mencapai tingkat stabilitas tinggi. Fungsionalitas yang dipilih secara khusus ditargetkan untuk mendukung interoperabilitas antara layanan hiburan dan Connected TV.

Jon Piesing dari TP Vision, pemimpin teknis dari kelompok yang menciptakan spesifikasi ini, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Standar web telah pindah sejak versi pertama dari spesifikasi yang kami diterbitkan pada tahun 2009. Karya ini merupakan update yang luas dari spesifikasi browser kita yang didasarkan pada generasi baru dari spesifikasi Web, bukan hanya HTML5 tetapi juga CSS3, DOM3 dan berbagai teknologi terkait lainnya. Update ini harus memungkinkan pengembangan aplikasi dan layanan untuk Connected TV dengan mengandalkan pada kehadiran dari satu set yang koheren dan konsisten dari teknologi yang up-to-date. Ini harus membuat lebih mudah untuk penggunaan kembali dari berbagai tool dan library yang dikembangkan untuk web ketika mengembangkan untuk Connected TV."

Nilo Mitra, Presiden dari Open IPTV Forum, menambahkan: "Browser telah menjadi platform yang diterima industri untuk konsumsi media multi-screen, dan HTML5 telah disahkan oleh komunitas teknis global sebagai dasar untuk layanan interoperable pada perangkat yang terhubung. Oleh karena itu penting bagi Open IPTV Forum untuk memastikannya pada produk ritel dari Connected TV dan STB [Set-Top-Box], yang telah menjadi fokus utama dari OIPF sejak pendiriannya, dengan mengambil keuntungan dari HTML5 dan teknologi web terbaru."

Open IPTV Forum atau OIPV adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Ericsson, Orange - FT Group, TP Vision, Samsung Electronics, Sony Corporation dan Telecom Italia, dan sampai sekarang telah memiliki puluhan anggota dari para pelaku industri Smart TV atau Connected TV, termasuk BBC, Deutsch Telekom, D-Link, Dolby, DTS, Huawei, KDDI, Opera Software, Rovi, Toshiba dan TP Vision. Open IPTV Forum bertujuan untuk mempercepat penciptaan pasar massal untuk IPTV dengan mendefinisikan dan menerbitkan spesifikasi berbasis standar untuk layanan IPTV masa depan secara gratis.

Spesifikasi terbaru dari OIPV bisa diunduh dari: http://www.oipf.tv/specifications