Obsidian, UI dari Intel untuk smartphone TIZEN?


TIZEN adalah sistem operasi open source yang sangat mudah dan bebas untuk dikustomisasi. Untuk itu, Intel berencana untuk membuat user interface (UI) sendiri untuk perangkat TIZEN, yang diberi kode nama "Obsidian".

Sebuah sumber yang bekerja di Intel telah memberikan beberapa screenshot awal dan beberapa video dari proyek Obsidian ini kepada situs Arstechnica, yang mencakup beberapa sentuhan UI yang unik.


Dari apa yang kita lihat, ini masih versi sangat awal dari Obsidian, dengan beberapa fitur masih belum lengkap. Berbeda dari UI TIZEN versi stock, Obsidian tampaknya banyak menggunakan elemen persegi dengan sudut tajam, dengan ikon kotak maupun segitiga yang dikemas dengan kesan datar. Tiga tombol tampak menetap sepanjang bagian bawah layar (phone, message, dan people). Sumber dari Intel mengatakan tidak ada tombol hardware untuk ketiga fungsi ini, melainkan hanya soft key.

Obsidian UI juga memanfaatkan rotasi untuk memperingatkan pengguna akan adanya notifikasi, dengan memutar ikon 45 derajat dan menampilkan notifikasi warna merah di pojok bawah aplikasi untuk membedakannya dengan aplikasi lainnya. Elemen segitiga berlian juga tertanam untuk menampilkan hal-hal seperti info kontak.


Lock screen seperti biasa dengan slide-to-unlock, dan menampilkan teks "Life Magazine" seperti layaknya stock UI dari TIZEN. Layar aplikasi dan layar kontak juga tampaknya dihubungkan dengan cara yang tidak biasa, yang memungkinkan pengguna untuk menggesek ke kiri untuk menjadi layar kontak tunggal, dengan daftar kontak yang lebih lengkap di kiri, dan menggesek ke kanan untuk menampilkan panel "apps". Aplikasi yang paling sering dibuka termasuk clock dan setting akan tampil dalam panel quick-view di sepanjang bagian bawah layar. Sebuah tombol didedikasikan untuk membuka aplikasi secara penuh di bagian paling bawah layar.

Menurut sumber Intel, Obsidian UI akan berjalan pada TIZEN 2.0, meskipun tim pengembangan belum memberikan versi baru untuk handset Intel agar tampilan UI menjadi lebih konsisten. Perangkat referensi Intel yang akan mendapatkan Obsidian UI pertama memiliki kode nama Josephine dan UI ini disebutkan akan siap dan pada bulan Juli.