NTT DoCoMo luncurkan OS TIZEN di Jepang


Saat menjadi pembicara kunci di acara "Smart Device Japan (SDJ) 2013" hari ini, Ryoichi Sugimura, Director untuk Global Alliance Strategic Marketing Department di operator NTT DoCoMo dan Officer dari Tizen Association, memperkenalkan sistem operasi baru TIZEN kepada masyarakat Jepang. NTT DoCoMo adalah operator terbesar di Jepang serta anggota dari Tizen Association dan Tizen Technical Steering Group (bersama Intel, Samsung Electronics, Huawei dan Orange).

Kiyohito Nagata dari NTT DoCoMo sebelumnya yang menjabat sebagai perwakilan NTT DoCoMo di Tizen Association, tetapi dalam reshuffle jabatan yang diumumkan pada awal Mei, Ryoichi Sugimura kemudian mengambil alih posisi perwakilan untuk perusahaannya.

"TIZEN adalah usaha untuk mengembangkan dan menyediakan OS mobile baru seperti iOS dan Android. Didukung oleh carrier, selain NTT DoCoMo ada Orange, produsen hanset seperti Samsung, Intel dan Huawei, dan juga pembuat mobil seperti Jaguar Land Rover, Toyota, Honda juga menyatakan dukungannya," kata Ryoichi Sugimura. "NTT DoCoMo akan memperkenalkan perangkat yang bersistem TIZEN pada paruh kedua tahun 2013."




NTT DoCoMo berencana untuk bersaing dengan Google dan Facebook dalam menghadirkan layanan untuk pelanggan melalui TIZEN. Sifat TIZEN yang berpusat pada layanan dan cross-platform berbasis HTML5 memudahkan DoCoMo untuk menghadirkan layanan mereka yang sesuai dengan nilai-nilai Jepang dan tren dunia, tidak hanya kepada masyarakat Jepang tetapi juga kepada masyarakat dunia.



Untuk toko aplikasi yang mempengaruhi besar sebagai daya tarik untuk suatu platform, selain TIZEN STORE NTT DoCoMo juga berencana untuk memperkenalkan toko aplikasi mereka sendiri yang disebut d-menu. "DoCoMo berencana untuk mengkomersialisasi TIZEN STORE dan d-menu pada paruh kedua tahun ini," kata Ryoichi Sugimura.