Laporan dari Tizen Developer Lab di Jepang


Komunitas pengembang "HTML5 Caravan" di Jepang bekerjasama dengan Intel dan NTT DoCoMo telah menyelenggarakan seminar Tizen Developer Lab hari ini di Tokyo. Selain memberikan gambaran tentang OS TIZEN, pengenalan TIZEN SDK dan TIZEN Store, seminar gratis ini juga membahas tentang lingkungan pemrograman web, baik HTML, JavaScript dan CSS, sehingga nantinya pengembang yang hadir diharapkan bisa membuat aplikasi web maupun native untuk TIZEN. Perangkat TIZEN yang sebenarnya juga akan ikut disertakan di acara ini.


Di awal seminar, Yanagihara Akito, Manajer untuk divisi strategi software dan layanan di Intel Jepang, memperkenalkan sistem operasi (OS) TIZEN. Menurut Yanagihara, TIZEN berbeda dengan OS lainnya karena mengakomodasi aplikasi native dan HTML5 untuk pasar yang terbuka. Selain itu, TIZEN juga menghadirkan kesempatan untuk memperoleh keuntungan tidak hanya buat produsen perangkat seperti Intel, tetapi juga buat pengembang software dan operator telekomunikasi.

Sementara Han Duk-soo, Samsung Evangelist dari divisi Media Solution Center (MSC), menjelaskan tentang karakteristik dan rincian untuk aplikasi native dan hybrid (native + HTML5). Keuntungan dari elemen native adalah bisa mengakses kamera, serta perekaman dan pengolahan suara maupun video. Namun baik aplikasi native maupun HTML5 bisa dikirimkan dan dijual melalui TIZEN STORE.



Untuk HTML5, TIZEN menghadirkan kemampuan yang terbaik dibandingkan OS lainnya, baik itu Android maupun iOS. Kelebihan aplikasi HTML5 dengan native adalah kemampuan untuk diaplikasikan secara lintas-platform tanpa tergantung pada hardware perangkat yang berbeda. Aplikasi web juga telah mendukung OpenGL 2.0 untuk pengembangan aplikasi maupun game yang menggunakan grafis 3D, jadi tidak ada alasan tampilan aplikasi HTML5 masih kalah dari native. Dengan dynamic box di homescreen akan menjadikan aplikasi web bisa menghadirkan informasi yang lebih rinci dalam area yang lebih luas ketika disentuh.

NTT DoCoMo rencananya akan merilis smartphone TIZEN pada kuartal keempat 2013 di Jepang. Selain menyediakan TIZEN STORE untuk penggunanya, DoCoMo juga akan menyediakan dMenu/dMarket untuk aplikasi, game dan konten buat perangkat TIZEN. Selain itu, NTT DoCoMo juga akan menghadirkan berbagai layanan seperti sugo toku content, DoCoMo contact, DoCoMo mail, photo collection, syabette concelge, DoCoMo cloud schedule memo, iConcell, iChannel, Ima doko, DoCoMo tizu navi dan Osaifu ke-tai.