KT luncurkan layanan Smart TV berbasis HTML5


KT Media Hub milik operator telekomunikasi KT, salah satu anggota dari Tizen Association, akan meluncurkan layanan Olleh TV berbasis HTML5 bulan depan. KT Media Hub pada hari Senin kemarin mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan platform HTML5 pada bulan Juli dan melakukan upaya untuk memberikan konten yang interaktif. Untuk itu, KT Media Hub akan menginvestasikan dana senilai total 25 miliar won atau sekitar 220 miliar rupiah (termasuk biaya pengembangan) pada akhir tahun ini.

Olleh TV, merek IPTV milik KT Media Hub, yang telah memiliki jumlah pelanggan yang melebihi 4 juta tahun lalu, telah memilih HTML5 sebagai standar untuk Smart TV generasi berikutnya untuk menghindari ketergantungan yang berat pada platform tertentu yang dikembangkan oleh Google. HTML5 unggul dalam keterbukaan dan ekstensibilitas. Layanan Smart IPTV berbasis HTML5 akan memungkinkan orang untuk membuat dan mendistribusikan konten berbasis TV tanpa harus tergantung pada standar atau persyaratan yang ditetapkan oleh Google.

Platform HTML5 akan menjamin keterbukaan dan upgrade, menciptakan ruang bagi setiap pengembang aplikasi untuk melompat dan membuat aplikasi untuk platform Olleh TV. "Langkah berani untuk mendasarkan layanan baru pada HTML5 akan menghentikan monopoli Google di TV Internet, dan juga akan memberikan dimensi yang sama sekali baru bagi kepuasan konsumen," kata Kim Joo-sung, CEO dari KT Media Hub.

Melalui langkah ini Olleh TV akan memberikan siaran langsung, akses web dan juga aplikasi berbeda, menyediakan jenis baru pengalaman menggunakan TV. Sebagai contoh, pengguna Olleh TV akan dapat melihat statistik pemain, informasi stadium, dan live feed media sosial bersama dengan game bisbol secara bersamaan.

Platform berbasis HTML5 KT Media Hub akan diperkenalkan pada konferensi Mobile Asia Expo 2013 yang dijadwalkan untuk akhir bulan ini di Shanghai, China, dimana perwakilan dari KT juga akan menjadi pembicara kunci disini. Selain itu, KT Media Hub juga akan memperkenalkan platform Smart TV berbasis HTML5 ini di World Forum Broadband.