Smartphone TIZEN Samsung akan diluncurkan Juli, spesifikasi mengungguli Galaxy S4


Samsung Electronics dan Intel akan mengenalkan sistem operasi (OS) TIZEN 2.1 Nectarine hari ini di acara Tizen Developer Conference (TDC) 2013 yang berlangsung di San Fransisco. Sementara smartphone TIZEN pertama yang dibuat oleh Samsung rencananya akan diluncurkan pada bulan Juli mendatang.

"Pada hari Senin [22 Juni, waktu setempat] akan diadakan Tizen Developer Conference di Amerika Serikat, pengembangan TIZEN sekarang sudah selesai dan OS ini sudah siap dirilis," kata salah seorang pejabat Samsung Electronics kepada media di Korea hari ini. "Oleh karena itu, kita berencana untuk merilis smartphone TIZEN pada kuartal ketiga di pasar luar negeri seperti Eropa dan Jepang."

Choi Jong-deok (JD Choi), Executive Vice President dari Samsung Electronics, selaku co-Chair dari Tizen Technical Steering Group dan Imad Sousou, Director Intel Open Source Technology Center, selaku co-Chair dari Tizen Technical Steering Group, hari ini rencananya akan meluncurkan TIZEN 2.1 Nectarine kepada publik sekaligus sebagai keynote di konferensi yang berlangsung di Hotel Union Square.

Pengembangan OS TIZEN yang dipimpin oleh Samsung Electronics dan Intel diharapkan akan menjadi pembunuh yang kuat baik untuk Apple iOS maupun Google Android. TIZEN akan menggabungkan berbagai fitur dan fungsi yang sering digunakan pada desktop PC, maupun yang sering menghiasi layar smartphone dengan mendukung widget. User interface (UI) yang unik dan fresh seperti bentuk icon baru, fungsi flip screen, split screen dan 3D Gallery telah ditambahkan pada TIZEN. Tool untuk mengkonversi aplikasi dan game pada iOS dan Android ke TIZEN juga akan diperkenalkan di TDC 2013.

Samsung berencana untuk meluncurkan merek baru untuk smartphone TIZEN yang akan dirilis pada kuartal ketiga nanti. Untuk menarik konsumen, diharapkan smartphone TIZEN pertama dari Samsung ini akan dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang akan mengungguli Galaxy S4, sebagai produk smartphone terbaru dan terlaris saat ini.

Seorang pejabat industri di Korea mengatakan, "Strategi TIZEN tidak akan seperti OS bada, karena posisi Samsung saat ini sangat penting dalam industri smartphone," katanya, sambil memprediksi. "Dengan meluncurkan produk dengan spesifikasi tertinggi di pasar kemungkinan akan menjadi pusat perhatian."