Samsung alihkan ahli software bada di India untuk bekerja pada TIZEN

Samsung India Software Center (SISC) di Noida

Samsung telah mempekerjakan ahli software yang bekerja di pusat riset & penelitian (research and development/R&D) mereka di India untuk sistem operasi (OS) TIZEN. Para ahli software ini sebelumnya bekerja untuk OS bada.

"Sementara saya tidak bisa memberikan banyak rincian, kami memiliki beberapa orang di sini yang bekerja pada pengembangan proyek ini... Seperti yang Anda tahu, kita memiliki pusat software di Noida," kata Manu Sharma, Direktur dari Mobile Business untuk Samsung Electronics India kepada situs lokal The Hindu pada Selasa (28/5).

Kehadiran tim pengembangan software India untuk TIZEN bisa juga menunjukkan untuk kustomisasi pada tingkatan tertentu terhadap perangkat TIZEN untuk pasar domestik, dan menjadi pertanda baik bagi prospek India sebagai tujuan untuk perilisan di masa depan.

Menurut Samsung, pusat R&D miliknya yang ada di India akan menempati posisi kunci untuk pengembangan teknologi software Samsung ke depannya. Samsung India Software Operation (SISO), yang saat ini menempati lokasi di Bangalore, disamping Noida, salah satu basis produksi inti di India dimana terdapat Samsung India Software Center (SISC). Selain itu, Samsung juga memiliki tenaga kerja R&D tambahan di Delhi dan Chennai dimana Samsung telah mendirikan fasilitas produksi utama di kedua kota tersebut.

Samsung Electronics berencana untuk terus menambahkan lebih banyak spesialis software untuk bersaing dengan raksasa software seperti Apple, Google dan Microsoft. Untuk mengantisipasi keadaan ini, Samsung berencana untuk memperkuat jajaran research and development (R&D) yang akan bertanggung jawab pada pengembangan teknologi software dari Samsung.