Samsung akuisisi perusahaan game multiscreen MOVL


Samsung telah mengakuisisi perusahaan rintisan MOVL yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat. MOVL adalah pembuat platform Kontrol.tv, sebuah Application Programming Interface (API) yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang menghubungkan Smart TV dan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet melalui cloud pada jaringan lokal dirumah.

Kontrol.tv sepenuhnya diluncurkan pada musim gugur yang lalu setelah satu tahun setengah tim movl menghabiskan waktunya untuk membangun sistem konvergensi ini. Seorang juru bicara MOVL telah mengkonfirmasi akuisisi:
"Pada April 2013, dua tahun setelah berdirinya, MOVL telah resmi bergabung dengan Samsung. Kami sekarang adalah bagian dari Samsung Electronics, dan kami sangat senang untuk menggabungkan kemampuan multiscreen kita dengan skala dan inovasi Samsung dalam ekosistem perangkat nya."

MOVL telah bekerja pada platform Samsung Smart TV untuk sementara waktu sekarang. MOVL adalah salah satu pemenang pertama dalam kontes pengembang untuk Samsung Smart TV, dengan aplikasi WeDraw nya. WeDraw memungkinkan pengguna untuk melukis gambar melalui sebuah aplikasi pada smartphone atau tablet, dan hasil ilustrasi akan ditampilkan pada Smart TV.

MOVL juga telah mengembangkan sejumlah game multiscreen untuk Smart TV. Beberapa judul yang terkenal termasuk PokerFun, yang memungkinkan pengguna bermain poker di TV sambil menampilkan kartu yang mereka pegang pada smartphone mereka. Namun, MOVL tidak hanya mengembangkan game. Perusahaan ini juga membangun sebuah platform pengembangan multi-screen yang dijuluki MOVL Connect yang menyederhanakan proses pengembangan jenis-jenis aplikasi multiscreen.

Salah satu kemampuan utama platform tersebut telah memungkinkan pengguna untuk bergabung dalam satu permainan, atau berinteraksi dengan sebuah aplikasi yang berjalan di Smart TV mereka bahkan jika smartphone mereka tidak berada pada jaringan Wi-Fi - sesuatu yang sangat penting bagi aplikasi sosial. Platform ini juga mampu menampilkan iklan yang bisa disinkronkan pada kedua layar.