Samsung konfirmasi OS TIZEN untuk Smart TV


Samsung Electronics hari ini mengkonfirmasi akan mengembangkan dan menerapkan sistem operasi (OS) TIZEN untuk Smart TV.

Saat bertemu dengan wartawan di sela-sela berlangsungnya pertemuan tahunan Forum Smart TV yang ke-4 yang diadakan di hotel Renaissance, Yeoksam-dong, Gangnam-gu, Seoul, wakil presiden Samsung Visual Display Business Kim Hyun-suk mengatakan: "TIZEN telah mendorong fungsi "Smart" dan memiliki potensi untuk diterapkan sebagai sistem operasi untuk Smart TV," katanya.

Konfirmasi dari pejabat eksekutif Samsung tentang kemungkinan penerapan OS TZEN pada produk Smart TV ini adalah untuk pertama kalinya. Sementara pejabat Samsung lainnya juga mengkonfirmasi bahwa OS TIZEN untuk diterapkan pada berbagai produk elektronik konsumen, termasuk peralatan rumah tangga dan TV masa depan, saat ini sedang dalam riset dan pengembangan secara internal. Namun dia membantah bahwa Samsung akan merilis produk Smart TV berbasis TIZEN dalam waktu dekat karena masih ada beberapa kendala yang harus diatasi.

"Kita memang ada pembicaraan untuk menerapkan OS TIZEN untuk TV," kata pejabat Samsung ini, "namun itu masih dalam pengembangan, bukan berarti kita akan merilis OS TIZEN untuk Smart TV dalam waktu dekat. Ekosistem dan layanan komputasi awan harus datang secara bersama-sama, dan itu akan memakan waktu," tambahnya.


Dalam kesempatan ini, wakil presiden Kim juga mengatakan bahwa pihaknya akan merilis produk entry-level dari UHD TV pada paruh kedua tahun ini. Model terbaru dari TV beresolusi tertinggi Ultra High Definition (UHD) ini akan akan hadir dengan dimensi yang lebih kecil pada kisaran 55-65 inci daripada produk sebelumnya.

"Produk UHD TV 85-inci telah diluncurkan di pasar luar negeri," kata wakil presiden Kim, "akan diteruskan dengan model entry-level pada paruh kedua nanti," tambahnya.

Samsung diperkirakan akan merilis model entry-level dari UHD TV saat berlangsungnya pameran teknologi IFA 2013 yang akan diadakan di Berlin, Jerman, bulan September nanti. "Kompatibilitas kedepan untuk UHD TV adalah yang paling penting," kata wakil presiden Kim. "Evolution Kit" akan menjadi jawabanya," katanya. "OLED TV akan dirilis pada kuartal kedua nanti," tambahnya.