TIZEN didukung oleh 30 operator global

Vice Chairman Samsung Electronics Jay Lee (kiri) berjabat tangan dengan Chairman KT Lee Suk-chae saat MWC 2013 di Barcelona. 

Ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, menjadi arena khusus bagi Jay Lee (Lee Jay-yong), Vice Chairman Samsung Electronics, untuk mencari mitra pendukung buat ekosistem TIZEN. Setelah tiba di Barcelona pada hari Senin (25/2) kemarin waktu setempat, Jay Lee langsung mengadakan pertemuan tertutup dengan sekitar 30 pimpinan operator telekomunikasi global sesuai dengan yang telah diagendakan sebelumnya.

"Pertemuan hari ini (25/2) dan besok (26/2) dengan 30 operator global dan jadwal pertemuan sudah penuh," kata Jay Lee saat bertemu dengan wartawan Korea di stan Samsung Electronics di MWC 2013. "Membina komunikasi dan hubungan dengan operator itu sangat penting, walaupun pertemuan ini hanya berlangsung kurang dari 30 menit," katanya.

Pada hari itu, Jay Lee bersama dengan Presiden Samsung Electronics untuk divisi IT dan Mobile Communication (IM) JK Shin (Shin Jong-kyun), menyempatkan mengobrol dan makan siang bersama di sebuah restoran sambil membicarakan strategi pengembangan TIZEN untuk kedepannya bersama dengan Chairman KT (Korea Telecom) Lee Suk-chae. Setelah itu dilanjutkan pertemuan dengan presiden SK Telecom Ha Sung-min selama kurang lebih 10 menit. SK Telecom dan KT adalah dua operator terbesar Korea yang menjadi anggota Tizen Association.

(Dari kiri) Presiden Samsung Mobile & IT JK Shin, Chairman KT Lee Suk-chae dan Vice Chairman Samsung Jay Lee.

Secara khusus, Chairman KT Lee Suk-chae menyatakan harapannya yang sangat tinggi untuk proyek open source ini dan akan berusaha aktif dalam pengembangannya bersama Samsung Electronics dan Intel. Sama seperti operator lainnya, KT juga berharap kehadiran TIZEN bisa mengakhiri monopoli Apple iOS dan Android karena sangat tidak menguntungkan bagi lingkungan bisnis mereka kedepannya.