TIZEN 2.0 Magnolia SDK dan Source Code telah dirilis


Tizen Technical Steering Group (TSG) hari ini mengumumkan ketersediaan TIZEN 2.0 source code dan SDK (Software Development Kit) di situs resmi proyek TIZEN. TIZEN 2.0 merupakan tonggak utama untuk pengembang software dan vendor perangkat.

Rilis terbaru ini mencakup banyak fitur baru dan perbaikan atas TIZEN 1.0 Larkspur yang dirilis pada bulan April tahun lalu, dan TIZEN 2.0 alpha yang dirilis pada bulan September 2012. Sebagai pengembang TIZEN 2.0, Anda akan menemukan HTML5/W3C API (Application Programming Interface) yang kuat dan native framework yang baru.

Perubahan penting dalam rilis ini meliputi:
  • Peningkatan Web framework yang menyediakan dukungan HTML5/W3C API terbaik
  • Web UI framework, termasuk dukungan full-screen dan multi-window
  • Penambahan Tizen Device API, seperti dukungan Bluetooth dan NFC, dan akses ke kalender, riwayat panggilan (call hystory), dan subsistem pesan pada perangkat
  • Web Runtime framework mendukung elemen konfigurasi yang baru untuk menentukan fitur yang diperlukan dan privilege, serta menyediakan basic runtime environment untuk plugin NPRuntime
  • Native framework mendukung fitur lengkap untuk pengembangan aplikasi dan menyediakan berbagai fitur seperti aplikasi background, Push IP, dan TTS (Text-To-Speech)
  • Core dan referensi aplikasi native termasuk Kalender, Kontak, Gallery, Phone, Setting (Pengaturan), dan Video Player
  • Peningkatan Web IDE menyediakan WYSIWYG design environment, Chrome-based JavaScript inspector, dan JavaScript log viewer
  • Native IDE menyediakan project wizard, WYSIWYG design environment, unit test tool, dan dynamic analyzer

Anda bisa mengunduh SDK terbaru di https://developer.tizen.org/downloads/sdk, jika Anda memiliki pertanyaan, atau perlu mengirimkan bug, silakan kunjungi halaman komunitas di https://www.tizen.org/community.

Anda bisa pergi ke https://source.tizen.org/release untuk informasi lebih lanjut tentang rilis ini. Jika Anda tertarik dalam membangun OS TIZEN untuk perangkat Anda sendiri, dokumentasi pada pengembangan dan tool-tool bisa Anda ditemukan di sini: https://source.tizen.org/os-development.