Samsung rekrut tenaga software besar-besaran untuk OS terbaru


Samsung Electronics baru-baru ini melakukan perekrutan tenaga software yang berpengalaman secara besar-besaran melalui divisi HRD mereka. Personil baru yang direkrut ini akan bekerja untuk pengembangan sistem operasi (OS) dan platform software mobile serta prosesor aplikasi (AP). Melalui perekrutan ini, Samsung ingin memastikan daya saing software mereka di pasar global dan mengamankan basis software yang kompetitif.

Tahun lalu Samsung mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan sebuah "Software Center" di Institut Penelitian DMC nya. DMC, singkatan dari Digital Media & Communications, mengacu pada salah satu dari dua perusahaan yang merupakan pilar utama dari bisnis Samsung, yaitu barang jadi seperti TV dan handset, yang menjual langsung kepada konsumen dan pilar lainnya adalah suku cadang dan komponen, seperti chip dan panel yang dijual kepada klien seperti Apple dan Sony.


Software Center akan mengembangkan software untuk konvergensi, termasuk pengembangan OS dan platform software untuk perangkat seperti smartphone, tablet dan Smart TV. Bulan lalu, pekerjaan yang berkaitan dengan smart home dan sektor perangkat medis juga dilaporkan telah dikerjakan oleh divisi ini.

Baru-baru ini Samsung Electronics selaku Tizen Technical Steering Group (TSG) untuk proyek TIZEN telah meluncurkan TIZEN 2.0 Magnolia SDK beserta source code nya. Rilis terbaru ini membawa banyak perubahan seperti dukungan native framework API untuk pembuatan aplikasi native, perbaikan dukungan HTML5/W3C API untuk pembuatan aplikasi web, upgrade kernel Linux dari versi 2.6.36 ke 3.0, dukungan IDE dan tool untuk Apple Mac OSX, dukungan untuk prosesor ARM terbaru seperti pada Samsung Exynos, serta tidak ketinggalan User Interface baru seperti terlihat pada screenshot berikut.





Samsung juga mengumumkan perangkat referensi untuk TIZEN 2.0 buat pengembang aplikasi yang dirancang berdasarkan perangkat komersial yang sudah beredar di pasaran. Dua perangkat yang menjadi target referensi atau Reference target devices masing-masing adalah Ref.Device-210: target referensi berdasarkan Samsung Galaxy S2 HD (Exynos 4210) dan Ref.Device-PQ: target referensi berdasarkan Samsung Galaxy S3 (Exynos 4412).

Versi berikutnya, TIZEN 2.1, akan dirilis pada kuartal ke-2 tahun 2013. Sebagai rilis minor, versi ini hanya akan berisi beberapa fitur baru dan peningkatan kinerja tanpa modifikasi atau penghapusan API. Fitur utama dari TIZEN 2.1 termasuk manajemen account, application installing service, dukungan livebox, optimasi kinerja, dan peningkatan keamanan.