GSMA luncurkan OneAPI Exchange sebagai penerus WAC


GSMA hari ini mengumumkan platform teknis baru OneAPI Exchange yang akan memberikan kemampuan jaringan untuk aplikasi mobile. Ini fase terbaru dari inisiatif OneAPI global, yang memfasilitasi kolaborasi yang lebih erat antara operator dan pengembang, yang telah dilakukan oleh operator selular terkemuka termasuk AT&T, Deutsche Telekom, Orange, Telefonica dan Vodafone. OneAPI Exchange akan dioperasikan oleh penyedia teknologi terkemuka Apigee.

"OneAPI Exchange berjanji untuk meningkatkan pengalaman aplikasi mobile bagi konsumen," kata Michael O'Hara, Chief Marketing Officer dari GSMA. "Dengan mendukung hubungan yang lebih dekat antara operator dengan pengembang dan interoperabilitas lintas operator yang lebih baik, platform ini akan menghadirkan akses tanpa batas ke aplikasi mobile yang menarik dengan fitur yang disempurnakan. Pengguna akhir akan mendapatkan keuntungan dari layanan operator yang mereka sudah tahu dan percaya, seperti penagihan, messaging dan identitas operator, yang tertanam dalam aplikasi yang mereka pilih."

Inisiatif baru melalui OneAPI Exchange ini menggabungkan pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Wholesale Application Community (WAC), yang diintegrasikan ke dalam GSMA di bulan Juli 2012. OneAPI Exchange memberikan operator pilihan untuk menyediakan kepada pengembang dengan Application Programming Interface (API) yang telah disesuaikan atau API standar. Hal ini menyebabkan fleksibilitas yang lebih baik bagi operator untuk berpartisipasi dalam program OneAPI Exchange, sesuai dengan tujuan bisnis mereka sendiri, sementara juga menyediakan manfaat dari skala yang lebih besar dan mencapai pengembang mereka melalui interoperabilitas API.

Ketika pengembang memilih dan mendaftar dengan program operator untuk pengembang, mereka mampu membangun aplikasi yang memanfaatkan API dari operator. OneAPI Exchange juga memungkinkan pengembang untuk menentukan jaringan operator mana yang mereka inginkan untuk bekerja dengan aplikasi mereka, sehingga layanan tidak terbatas pada pelanggan dari satu operator. Platform OneAPI Exchange akan memetakan API yang digunakan oleh aplikasi ke yang digunakan oleh operator konsumen.

Pendekatan federasi memungkinkan operator untuk menyesuaikan layanan yang tersedia pada platform mereka sendiri, sementara masih mencapai pasar massal, atau mengekspos kemampuan jaringan mereka untuk pengembang melalui API standar.

"OneAPI Exchange adalah model yang sama sekali baru untuk interoperabilitas API yang secara dramatis akan mempermudah dan mempercepat pengembangan aplikasi yang diperkuat telco API di pasar global. Kami sangat senang dapat memberikan solusi terdepan didukung oleh teknologi Apigee ke GSMA dan operator seluler anggotanya, dan berharap untuk penyebaran yang sukses di tahun mendatang," kata Chet Kapoor, CEO dari Apigee.

Melalui platform OneAPI Exchange, pengembang akan dapat membuat aplikasi yang menetap, ditingkatkan dengan fungsi operator yang tertanam melalui API. Kerjasama antara operator dan pengembang akan memfasilitasi peluncuran global dari aplikasi mereka. Menggunakan OneAPI Exchange, pengembang dapat mengakses network API menggunakan teknologi standar dari web yang terbuka, memungkinkan integrasi yang mudah di semua jenis platform mobile yang ada serta alikasi web, yang berjalan dalam browser web mobile dan platform native HTML5 dari Firefox OS, TIZEN dan Ubuntu.

OneAPI Exchange juga memungkinkan pengembang untuk menjaga hubungan langsung dengan operator yang mereka pilih dan sumber daya pengembangan mereka. Dalam lingkungan ini, mereka kemudian dapat berlangganan network API dari operator dan memilih operator tambahan yang mereka inginkan untuk bisa bekerja melalui aplikasi mereka. Semua penagihan, metrik dan data penggunaan kemudian disempurnakan melalui operator tunggal, menghilangkan kebutuhan untuk onboarding multi-operator secara langsung dan kompleks.

"Konsumen di seluruh dunia semakin meningkatkan pengggunaan aplikasi mobile dalam bisnis dan kehidupan pribadi," lanjut O'Hara. "Saat ini sudah ada kesempatan yang menarik bagi industri mobile untuk memberikan solusi yang menyederhanakan proses pengembangan aplikasi, mempercepat waktu ke pasar dan memfasilitasi jangkauan di seluruh dunia. OneAPI Exchange akan membantu menghadirkan pengalaman konsumen ke tingkat berikutnya."