Mobile, HTML5 dan Sosial, tren teknologi IT di tahun 2013


Tren apa yang akan memimpin pasar IT di tahun 2013? Perusahaan riset teknologi dan pasar Gartner yang berbasis di Amerika merilis proyeksi "Top 10 Strategic Technology Trends for 2013" yang diantaranya menempatkan persaingan perangkat mobile, aplikasi mobile dan HTML5, berbagai layanan berbasis cloud dan internet serta ekosistem terpadu. Dan bukan kebetulan kalau sebagian besar memang yang menjadi target untuk ekosistem TIZEN di tahun ini.

Pertempuran perangkat mobile berarti persaingan di antara sistem operasi mobile seperti Apple iOS, Google Android, Microsoft Windows 8 maupun TIZEN. Dengan bergabungnya Windows 8 dan TIZEN, kompetisi perangkat seperti smartphone dan tablet diproyeksikan akan menjadi semakin sengit tahun ini.

Untuk memenangkan persaingan perangkat mobile tentunya diperlukan ekosistem yang terpadu, yang berarti dibutuhkan aplikasi mobile yang bisa berjalan di semua perangkat mobile tanpa dibatasi oleh fragmentasi. Dan HTML5 memberikan kesempatan yang unik untuk menciptakan ekosistem aplikasi untuk perangkat mobile yang benar-benar independen dari hardware dan platform software/sistem operasi tertentu. Ekosistem ini akan menguntungkan semua pihak yang terlibat didalamnya, baik itu produsen perangkat, pengembang aplikasi dan konsumen.

Selama ini yang membuat menyulitkan bagi pengembang aplikasi mobile adalah semakin meningkatnya jumlah varian dari perangkat mobile, faktor bentuk, resolusi layar, versi sistem operasi, dll. Sebuah aplikasi yang dirancang untuk smartphone dengan layar 4-inci biasanya dilihat dalam orientasi potret dan kemungkinan besar akan tidak memberikan pengalaman pengguna yang sama pada tablet dengan layar 10-inci karena akan lebih sering dilihat dalam orientasi landscape.

Platform software mobile saat ini dan lingkungan pengembangan aplikasi mereka tidak memberikan solusi yang memadai. Sedangkan HTML5 melalui CSS, memberikan kemudahan bagi pengembang untuk mengubah tata letak visual dari aplikasi mereka agar bisa secara otomatis beradaptasi dengan faktor bentuk dan orientasi dari perangkat yang dituju. HTML5 dan CSS juga memberikan pengembang lebih banyak kebebasan untuk merancang tampilan yang sesuai dengan yang mereka inginkan.

National IT Industry Promotion Agency (NIPA) di Korea juga memproyeksikan 10 tren teknologi di dunia IT untuk tahun 2013: pentingnya adopsi dan pemanfaatan data yang besar, peningkatan hak paten dan kekayaan intelektual, penyebaran adopsi yang luas untuk komputasi awan (cloud computing), kebijakan IT pemerintah yang baru, generasi berikutnya dari layar dan semikonduktor, jenis baru dari ancaman keamanan, rumah cerdas dan layanan peralatan rumah tangga yang cerdas, HTML5, media sosial dan bisnis sosial, dan persaingan atas konten dan layanan untuk diferensiasi.

Analis industri sebagian besar melihat tren IT di tahun 2013 tidak akan jauh berbeda dari tahun 2012 dalam pengertian secara luas, tetapi akan mulai fokus pada bentuk-bentuk yang lebih rinci seperti perangkat mobile, data yang besar dan sosial, dalam arti akan semakin banyak orang maupun institusi yang menggunakan media IT untuk berkomunikasi dan menyampaikan aktivitas sosial mereka sehari-hari.