Intel luncurkan HTML5 App Porter Tool - BETA untuk porting aplikasi iOS ke HTML5


Intel® HTML5 App Porter Tool - BETA adalah sebuah aplikasi yang membantu pengembang aplikasi mobile untuk memporting code aplikasi native iOS ke HTML5, dengan secara otomatis menerjemahkan bagian dari code native ke HTML5. Tool ini bukan solusi lengkap untuk secara otomatis memporting 100% dari aplikasi iOS, melainkan mempercepat proses porting dengan menerjemahkan code dan artifact sebanyak mungkin.

Tool ini akan membantu dalam menerjemahkan beberapa artifact berikut:
  • Source code Objective-C (dan subset dari C) ke JavaScript
  • iOS API type dan call menjadi object dan call dari JavaScript/HTML5
  • Layout dari pandangan dari file-file yang ada dalam Xcode Interface Builder (XIB) ke file-file HTML + CSS
  • File-file dalam Xcode project ke dalam Microsoft Visual Studio 2012 project

Intel® HTML5 App Porter Tool - BETA pada dasarnya adalah penerjemah source-to-source yang dapat menangani sejumlah konversi dari Objective-C ke JavaScript/HTML5 termasuk terjemahan dari call API. Sejumlah proyek open source digunakan sebagai dasar untuk konversi termasuk versi modifikasi dari Clang front-end, LayerD framework dan jQuery Mobile untuk rendering widget dalam source code yang diterjemahkan.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti referensi teknis dari Intel yang ada di halaman berikut. Dokumen ini memberikan penjelasan tingkat tinggi tentang bagaimana tool bekerja dan beberapa rincian tentang fitur yang didukung. Ikhtisar ini juga akan membantu Anda menentukan bagaimana proses bagian-bagian yang berbeda dari proyek Anda dan mengambil keuntungan terbaik dari kemampuan saat ini.