Samsung - NTT DoCoMo siap rilis smartphone TIZEN di 2013


Yomiuri Shimbun, media cetak terbesar dan tertua di Jepang dengan sirkulasi terbesar di dunia, hari ini mempublikasikan bahwa operator seluler terbesar di Jepang NTT DoCoMo akan merilis smartphone berbasis OS TIZEN tahun depan di negaranya. NTT DoCoMo dikabarkan saat ini sedang bekerjasama secara intensif dengan produsen smartphone terbesar Samsung Electronics untuk mengembangkan dan merancang sebuah perangkat high-end yang akan didistribusikan di Jepang mulai awal 2013.

Dengan meluncurkan smartphone TIZEN, Yomiuri Shimbun menyebutkan bahwa NTT DoCoMo bertujuan menciptakan kekuatan baru untuk menghadapi Apple iOS dan Google Android. Dilain pihak, aplikasi untuk perangkat TIZEN akan mudah digunakan karena telah disesuaikan dan mendapat dukungan penuh dari pihak DoComo. Begitu juga dengan tingkat keamanannya yang bisa disesuaikan.

Selain dirilis di Jepang, Yomiuri Shimbun juga mengatakan bahwa smartphone TIZEN telah siap untuk diluncurkan di negara lain pada waktu yang sama. Samsung Electronics sendiri akan meluncurkan smartphone TIZEN secara global pada bulan Februari 2013.

Sebelumnya media elektronik Jepang Nikkan Kogyo Shimbun juga menurunkan berita bahwa NTT DoCoMo telah memusatkan perhatian mereka pada platform software open source baru TIZEN untuk produk perangkat seluler mereka dan aktif memberikan rekomendasi untuk pengembangan TIZEN, antara lain tentang bagaimana distribusi software yang relevan.

NTT DoCoMo merasa selama ini merasa kesulitan dalam mengontrol pengoperasian aplikasi Android dan iOS, terutama kendala pada distribusi dan penagihan. Penyedia layanan nirkabel berbasis pelanggan seperti NTT DoCoMo berharap bisa mengatasi kendala ini melalui pengembangan saluran aplikasi sendiri dengan cara mempromosikan penggunaan HTML5. Dan TIZEN dianggap sebagai OS yang cocok untuk itu.


NTT DoCoMo adalah penyedia utama layanan mobile voice, data dan multimedia di Jepang. Dengan lebih dari 60 juta pelanggan di Jepang, NTT DoCoMo adalah salah satu operator komunikasi mobile terbesar di dunia dan menguasai 60 persen lebih pelanggan seluler di Jepang. Dalam jajaran Board of Directors dari Tizen Association, Dr. Kiyohito Nagata yang saat ini menjabat sebagai Senior Vice President and Managing Director of Strategic Marketing Department di NTT DoCoMo juga menjadi menjadi salah satu Officer dari Tizen Association. Selain DoCoMo, dua perusahaan Jepang lainnya seperti Panasonic dan NEC juga telah menjadi anggota dari Tizen Association